Bupati dan Wabup Sergai Temu Ramah dengan Guru Sekolah Minggu dan Pimpinan Gereja

HARIAN9 author photo

 


SERDANG BEDAGAI | H9

Upaya dalam mewujudkan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) yang religius acap terlihat di berbagai kegiatan dan program yang dilaksanakan oleh Pemkab Sergai. Salah satunya terlihat ketika Bupati Sergai H. Darma Wijaya dan H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, mengikuti temu ramah bersama Guru Sekolah Minggu dan Pimpinan Gereja di Halaman Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Kamis (24/2/2022).

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan pentingnya aspek religiusitas dalam membangun SDM yang unggul. Baginya, penguasaaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi juga mesti diimbangi dengan internalisasi nilai-nilai agama. 

Dirinya kemudian mengatakan, di bawah kepemimpinannya sebagai Bupati dan Wabup Adlin Tambunan, Pemkab Sergai terus berupaya menerapkan berbagai program dan kebijakan yang mendukung aspek kereligiusan, sesuai dengan visi kabupaten.

Bupati mengatakan, salah satu program itu adalah Gerakan Aksi Kasih (GAK). Ia menyebut, GAK ini terwujud berkat kolaborasi dengan ASN Kristiani di lingkungan Pemkab Sergai.

“Terima kasih kepada para ASN Kristiani di Pemkab Sergai yang telah ikut berpartisipasi dalam menyukseskan program GAK dengan menyisihkan 2.5% dari Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP) setiap bulan,” ucap Darma Wijaya

Bupati Sergai menyampaikan, berkat adanya GAK tahun 2021 sudah ada 349 Guru Sekolah Minggu se-Sergai yang menerima insentif dengan besaran 1,2 juta rupiah. Insentif ini, sebutnya, bersumber dari TPP 1.960 ASN Kristen di 47 OPD.     

“ Tahun lalu, dana GAK sudah disalurkan per triwulan dan dananya langsung masuk ke rekening penerima. Total dana GAK yang terkumpul mencapai 1 miliar rupiah,” terangnya. 

Selain untuk insentif Guru Sekolah Minggu, Bupati mengatakan dana GAK juga dialokasikan ke beberapa sektor seperti pemugaran dan rehab rumah ibadah, rumah dinas pendeta, dan juga untuk memeriahkan hari besar umat Kristiani.   

“ Mungkin dalam prosesnya ada hal-hal yang perlu ditingkatkan. Kedepan semoga program ini bisa terus berlanjut dan memberi dampak baik bagi penerima,” tandasnya.  

Sementara itu di kesempatan ini, Wakil Bupati Sergai Adlin Tambunan menyampaikan harapan agar program GAK ini bisa menjadi contoh bagi daerah lain di Sumatera Utara.

“ Saya setuju dengan Pak Bupati jika tak hanya maju dan modern dalam pemikiran, namun masyarakat juga perlu memiliki sikap yang religius, demi mewujudkan kesejahteraan daerah,” katanya.   

Selain itu di kesempatan ini, Adlin Tambunan menginformasikan jika saat ini capaian vaksinasi di Sergai sudah cukup memuaskan dengan vaksinasi I mencapai angka 89-90% sedangkan dosis II ada di kisaran 75-80%.      

“ Insya Allah Kabupaten Sergai akan mencapai target vaksinasi pada akhir bulan ke-4 tahun ini,” harapnya.

Ikut mendampingi Bupati dan Wabup dalam kegiatan ini para Asisten dan Staf Ahli, para Guru Minggu dan perwakilan gereja, dan mewakili Dandim O204/DS.(WD023) 

Komentar Anda

Berita Terkini