Diresmikan Bupati dan Wabup Sergai, Dolok Masihul Sudah Miliki Terminal Penumpang Tipe C

HARIAN9 author photo

 


SERDANG BEDAGAI | H9

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya dan Wakil Bupati (Wabup) H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, meresmikan Terminal Penumpang Tipe C di Kecamatan Dolok Masihul, Minggu (27/2/2022).

Membuka sambutannya, Bupati Sergai menyampaikan jika Kabupaten Sergai saat ini terus berbenah dalam peningkatan infrastruktur dan merupakan salah satu program prioritas pembangunan dalam kepemimpinan dirinya dan Adlin Tambunan.

Ia melanjutkan, dalam UU. No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan diamanatkan bahwa tujuan penyelenggaraan lalu lintas dan angkutan jalan (LLAJ) antara lain adalah terwujudnya pelayanan LLAJ yang aman, selamat, tertib, lancar dan terpadu dengan moda angkutan lain untuk mendukung maupun mendorong perekonomian dan memajukan kesejahteraan umum.

“Peran transportasi darat dalam keterpaduan sistem transportasi darat betapa tinggi perannya, bukan hanya untuk mencapai tujuan penyelenggaraan LLAJ, tetapi juga berperan besar dalam sistem transportasi secara keseluruhan dan diharapkan memberikan dampak baik pada peningkatan perekonomian masyarakat,” papar Bupati.

Darma Wijaya mengatakan, dalam rangka memberikan pelayanan jasa transportasi yang baik pada masyarakat, dibutuhkan fasilitas sarana dan prasarana transportasi yang menunjang, salah satunya adalah berupa ketersediaan terminal sebagai titik simpul jaringan transportasi darat.

Terminal tersebut, katanya, diharapkan dapat mengantisipasi kebutuhan transer (perpindahan) penumpang secara cepat dan mudah serta pergerakan angkutan umum secara efektif dan efisien, membuat penumpang merasa aman dan nyaman.

Bupati juga berharap setelah peresmian terminal Dolok Masihul ini, nantinya dapat berfungsi sebagai tempat menaikkan dan menurunkan penumpang yang mudah dicapai di daerah sekitar dan diharapkan sekecil mungkin memengaruhi kondisi arus lalu lintas pada jaringan jalan di sekitarnya.

“Penyelenggaraan terminal yang baik akan tercermin dari pengelolaan terminal yang baik dan didukung oleh petugas terminal yang memiliki kompetensi. Pengelolaan terminal tidak profesional akan mengakibatkan terhambatnya mobilitas kendaraan dan penumpang,” ujarnya lagi.

Masih lanjutnya, salah satu fungsi terminal adalah sebagai titik lokasi pemantauan dan pemeriksaan kelayakan baik kendaraan maupun para supir. Dirinya meminta agar nantinya fungsi terminal Dolok Masihul tersebut juga dapat diterapkan seoptimal mungkin.

Di kesempatan ini, Bupati Sergai juga menekankan bahwa kebijakan pembangunan transportasi perkotaan diarahkan kepada pembangunan transportasi perkotaan yang berkelanjutan dengan memperhatikan aspek lingkungan, ekonomi dan sosial.

“Aspek lingkungan menekankan pada pembatasan emisi dan kebisingan. Pada aspek ekonomi menekankan pada transportasi yang terjangkau, beroperasi secara efisien, mampu menyediakan alternatif pemilihan moda transportasi dan mendukung laju pertumbuhan ekonomi dan pada aspek sosial menekankan pada transportasi yang meminimalkan kecelakaan, waktu tempuh dan kerugian akibat kemacetan serta tidak membahayakan masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu Wakil Bupati Sergai Adlin Tambunan menyoroti aspek pengawasan yang ia minta harus dijalankan sungguh-sungguh.

“Saya harap terminal ini tidak jadi lokasi praktik pungli. Untuk itu saya meminta kepada pihak Dinas Perhubungan untuk aktif melakukan pengawasan. Selain itu juga saya mengimbau kepada semuanya agar merawat dan menjaga hasil pembangunan ini,” kata Adlin.

Selain ini, Wakil Bupati juga menyinggung usaha percepatan penanganan pandemi Covid-19. Ia menerangkan, saat ini Pemkab Sergai sedang berupaya sangat maksimal untuk menyukseskan program vaksinasi.

“Kami berharap, seluruh pihak terlibat aktif dalam memastikan program vaksinasi berjalan dengan lancar. Semoga sebelum lebaran, angka capaian kita sudah maksimal dan ini tentunya memerlukan sinergitas dan kerja sama,” ucapnya. 

Peresmian ini pun dirangkaikan acara penandatanganan prasasti, pemotongan tumpeng, dan pemberian santunan kepada anak yatim.

Setelah peresmian, Bupati dan Wakil Bupati Sergai juga menyempatkan diri mengikuti Grebek Dahsyat di Pasar Rakyat Dolok Masihul. Untuk diketahui, program Grebek Dahsyat yang melibatkan seluruh ASN Pemkab Sergai untuk berbelanja di Pasar Rakyat baru-baru ini mendapat peringkat kedua dalam ajang  Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2022 tingkat Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara.

Ikut hadir dalam kegiatan ini Wakil Ketua DPRD Sergai Siswanto, Kepala Seksi Sarana Prasarana Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah II Santri Aang, ST, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Nina Deliana, S.Sos, M.Si, jajaran Kepala OPD, perwakilan Polres Sergai, dan unsur Muspika.(WD023) 

Komentar Anda

Berita Terkini