Gencar Vaksinasi & Perketat Prokes, Langkat Berupaya Turun ke PPKM Level 1

harian9 author photo

 

LANGKAT | H9 

Pemerintah Kabupaten Langkat menggelar rapat percepatan penanganan penyebaran COVID-19, di ruang pola Kantor Bupati Langkat, Stabat, Rabu (16/2/2022).

Rapat ini dipimpin Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Langkat H Syah Afandin SH melalui Plt Asisten I Pemerintahan Drs Basrah Pardomuan. Diikuti para Camat dan Kepala UPT Puskesmas se Kabupaten Langkat. 
.
Plt Asisten I menyampaikan kini status PPKM Langkat naik ke level III (tiga). Pemerintah Kabupaten Langkat fokus untuk menurunkannya kembali menjadi level I (satu). 
.
Untuk itu Pemerintah dan intansi terkait akan kembali menerapkan protol kesehatan (Prokes) dengan ketat dan percepatan vaksinasi untuk dosis 1, 2 bagi yang belum, dan vaksin 3 untuk booster lanjutan.
.
Diketahui saat ini vaksinasi dosis 1 mencapai 88%, diantaranya 32% anak sekolah. Pencapaian itu membuat posisi Langkat masih diperingkat 10 ke bawah. Sedangkan vaksinasi dosis 2 mencapai 48%.
.
Saat ini Langkat menargetkan vaksinasi 26 ribu dosis perhari, disalurkan ke 23 Kecamatan. 
.
Basrah juga menginstruksikan agar dana desa sebesar 8% disiapkan kepala desa bagi warga yang melakukan iIsoman (isolasi mandiri).
.
Mendengarkan itu, Kadis PMD Langkat Sutrisuato akan segera berkordinasi dengan para Kades di Langkat terkait hal itu. 
.
"Saya akan menyurati kepala desa di Langkat demi menangani isolasi tersebut," ungkap Kadis PMD. 
.
Sementara Kadis Pendidikan Saiful Abdi mengatakan bahwa Langkat menjadi kabupaten pertama di Sumatera Utara yang melaksanakan pembelajaran tatap muka. Sebab itu pihaknya berkomitmen menggencarkan vaksinasi bagi pelajar.
.
"Kami berkomitmen mempercepat dan menuntaskan vaksinasi bagi pelajar yang ada di Langkat," sebutnya. 
.
Sedangkan Plt. Kadis Kesehatan dr Juliana menyampaikan update harian per 15 Februari 2022 Langkat.
.
Terdapat 25 kasus konfirmasi, 16 kasus aktif, 6 kasus sembuh, 1 kasus meninggal, 0 suspek  dan probabel. 
.
Untuk persentase kumulatif penduduk yang terkonfirmasi COVID-19 masih berjumlah 0,28% dari keseluruhan jumlah penduduk Langkat  1.051.752 jiwa. 
.
Sedangkan total akumulasi kasus COVID-19 per 15 Februari 2022 secara nasional:
Total kasus konfirmasi 4.844.279 kasus. 
Kasus aktif 375.857 kasus. 
Kesembuhan bertambah total 4.323.101 kasus . 
Jumlah kasus kematian 145.321 kasus.
.
Rapat di hadiri oleh seluruh Camat dan Kapus Se Kabupaten Langkat,  Pejabat dan personil Polres serta Kodim, dan para Kepala Perangkat Daerah se Kabupaten Langkat. (WD.042)
Komentar Anda

Berita Terkini