Kagum Kemampauan Anak Institut Teknologi DEL, Jokowi:Kembangkan Dan Asah Terus Kemampuanmu

HARIAN9 author photo


 PAKPAK BHARAT|H9
Dalam kunjungannya ke beberapa Kabupaten wilayah Toba, Presiden Republik Indonesia Ir.H Joko Widodo sempat menguji langsung kemampuan berhitung GASING (Gampang, Asyik, Menyenangkan) anak-anak Sekolah Dasar yang telah dilatih selama beberapa waktu lalu di Institute Teknologi DEL.

Bertempat di Rumah Jabatan Bupati Humbang Hasundutan Kamis, (03/02),puluhan anak yang sebagian besarnya berasal dari Kabupaten Pakpak Bharat ini memamerkan kemapuan berhitung cepat mereka dibawah arahan Prof. Johannes Surya, pencetus dan penemu Gasing. Deretan angka perkalian, pembagian, penjumlahan dan sebagainya mereka selesaikan dengan sangat cepat dan mudah.

Presiden Republik Indonesia, Ir. H Joko Widodo terlihat kagum akan kemampuan anak-anak ini.Kembangkan dan asah terus kemampuanmu, raih masa depan dan cita-citamu, Pesan Joko Widodo kepada mereka semua.

Anak-anak ini memang telah dilatih beberapa waktu lalu, disamping pelatihan teknik berhitung cepat cara Gasing ini, mereka juga dididik disiplin, keterampilan dan juga secara rohani dan berbagai ilmu lainnya. Program pelatihan ini adalah buah kerjasama kita, Pemerintah Pakpak Bharat dengan pihak Institute Teknologi DEL yang bersedia untuk melatih anak-anak ini, terang Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor di lokasi acara.

Buah kerja keras ini telah kita lihat saat ini, mereka, anak-anak Pakpak Bharat ini bersama teman-teman mereka dari beberapa Kabupaten lain termasuk Humbang Hasundutan telah menunjukkan kemampuan mereka di hadapan Presiden, kita patut berbangga hati atas capaian ini. Kita berharap mereka ini kelak menjadi teladan dan contoh bagi teman-teman mereka yang lain di Pakpak Bharat, ini tentunya akan memberikan sebuah kemudahan bagi kita untuk membangun dan membentuk generasi emas Pakpak Bharat, ucap Bupati kemudian.

Prof.Johanes Surya, pencetus dan penemu metode Gasing menjelaskan pentingnya kemampuan berhitung dalam mengasah bakat dan kemampuan serta menggali potensi anak.

Saya pernah ke Papua, mengajarkan cara berhitung sistem Gasing ini, dan saya lihat betapa banyak kemajuan yang dicapai sianak dalam kehidupannya kemudian. Saya dipesankan oleh Bapak Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Bapak Luhut Binsar Panjaitan agar mengajarkan metode serupa kepada anak-anak di kawasan Danau Toba termasuk Pakpak Bharat. Kami akan datang ke Pakpak Bharat, kami akan terus kembangkan metode serupa di sana, bersama-sama kita wujudkan cita-cita luhur bapak Bupati untuk membangun generasi emas Pakpak Bharat dimasa yang akan datang, ungkap Prof. Johanes Surya menjelaskan.

Dalam demontrasi keterampilan ini, Pakpak Bharat mengutus tiga orang anak didik untuk menunjukkan kemampuan mereka di hadapan Presiden Joko Widodo. Mereka adalah Kevin Matondang dari SDN 030434 Parjaratan, Sahpen Berutu dari SDN 034815 Singgabur dan Morya Gracia Lumban Tobing dari SD Inpres 030436 Kerajaan.(WD-045)
Komentar Anda

Berita Terkini