Laporan Ketua Panitia MTQ Ke-XIII Tingkat Kabupaten Palas, Oleh Sekda Palas

harian9 author photo


 PALAS | H9
PLT Bupati Padang Lawas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, C.Ht, MM, M.Si, membuka secara resmi acara Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke XIII Tingkat Kabupaten Padang Lawas, yang dipusatkan di Lapangan MTQ, SDN 0417 Desa Pasir Julu, Kecamatan Sosa Julu, Kabupaten Padang Lawas (Palas), Provinsi Sumatera Utara, dengan mengusung Tema :" Wujudkan Prestasi Emas BERCAHAYA menuju Tahun 2023". Senin (21/02/2022). Malam.

Pembukaan MTQ yang berlangsung ditandai dengan pemukulan beduk sebanyak 13 kali oleh Plt Bupati Palas, Ahmad Zarnawi Pasaribu.

Pantauan awak Media ini,  dalam acara pembukaan MTQ ke-XIII juga di hadiri Ketua MUI Palas H Ismail Nasution, Mantan Bupati Palas pertama H Basrah Lubis, mantan Sekda H Irfan Soaduon Hasibuan, Ketua BSPPL ( Badan Silaturrahim Pesantren Padang Lawas) H Fauzan Hamidy Hasibuan dan Sekretarisnya Misbah Fuadi Hasibuan, serta para pimpinan OPD Pemkab Palas, oraganisasi kepemudaan, tokoh agama, tokoh adat dan para kepala desa se – kecamatan Sosa Julu. Juga sejumlah tamu undangan lainnyalainnya.

Seperti beberapa hal yang dilaporkan Ketua Panitia Penyelenggara, yang juga Sekda Palas, Arpan Nasution, S.Sos,  MTQ XIII diikuti 1118 peserta yang terdiri dari 531 orang putra dan 587 orang putri dari 17 Kecamatan di Kabupaten Palas, berlangsung selama empat hari (21-24/02/2022).

Beberapa cabang yang dilombakan, sebagai berikut diantaranya sebanyak 1. delapan cabang perlombaan MTQ dengan jumlah sebanyak 632 orang,  2. Cabang Hadist dengan jumlah sebanyak 51 orang, 3. Cabang Qiroatul Kutub, yang terdiri dari sebanyak empat cabang dengan jumlah selebihnya yang diatas.

Untuk cabang perlombaan panitia telah persiapkan tempat yakni  1. Cang Tilawah bertempat di arena utama, 2. Cabang Hadiah 1 sampai 5 just dan Tilawah bertempat di mesjid Miftahul muttaqin desa Pasir jae, 3. Cabang Tahfidz 10 dan 20 jus bertempat di mesjid nurul iman desa Hurung jilok, 4. Cabang Tahfidz 30 jus dan Tafsir bertempat di mesjid jamiq nurul Huda desa tanjung, 5. Cabang tahtil quran bertempat di balai desa hurung jilok, 6. Cabang Syarhil Quran bertempat di halaman mesjid nurul iman desa Sungai jior, 7. Cabang Fahmil Quran Cabang Khottil Quran bertempat di SDN 0402 desa hurung jilok, 8. cabang Tartil Quran bertempat di mesjid Istiqomah desa Pasir Julu, 9. cabang makalah ilmu Al Quran bertempat di SDN Desa roburan, 10. cabang Hadist Nabi bertempat di lpq NU desa rambah, 11. cabang Qiratul Khutub bertempat di SDN 0413 desa ampolu, 12. cabang debat bahasa arab dan inggrisinggris, bertempat di gedung serbaguna desa Sungai jior.

"Untuk tercapainya MTQ ke XIII tingkat kabupaten palas tahun 2022 ini, diharapkan dewan hakim melalui keputusan bupati Palas, dengan nomor : 451.14/032/KPTS/2022, tentang penetapan dewan hakim dan pengawas dewan hakim MTQ ke XIII tingkat kabupaten Palas, tahun 2022. Dewan hakim bertugas melaksanakan penilaian dan penetapan peserta terbaik, dimana dewan hakim yang berjumlah 124 0rang, Sudah hadir bersama kita malam ini yang akan dilantik atau di baiat oleh PLT Bupati Palas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, C.Ht, MM, M.Si. jelas Sekda Palas Arpan Nasution.

Dikesempatan ini juga dapat kita sampaikan bahwa dua orang putri terbaik Kabupaten Padang Lawas, yakni Nur jannah Nasution dan Salsabilah Hasibuan, Menyumbangkan Emas untuk Provinsi Sumatera Utara dalam  STQ N ( Seleksi Tilawatil Qur'an Nasional) tahun 2021, di Maluku Utara. Sebagai juara nasional pertama. 

Dengan keterangan 1. Nur jannah Nasution sebagai Juara pertama hafalan 100 hadist putri,  anak pertama dari pasutri Sofyan Efendi Nasution dan Rohima Lubis, dari desa Raorao dolok kecamatan Sosa, kabupaten Demiki2. Salsabilah Hasibuan, sebagai Juara pertama hafalan 500 hadist putri, Anak ketiga dari pasutri Ali Dahrun Hasibuan dan Ratna Wani Daulay. Dari desa matondang kecamatan ulu Barumun. kabupaten Palas.

Dari 5 emas yang dipersembahkan untuk sumut, dua emas dari Palas, Dan alhamdulillah sumut jadi Juara 3 nasional pada ajang tersebut, Dari LPQ Palas sudah memiliki 3 orang Juara satu nasional, yang mana pada tahun 2020 yang lalu anak kami taufik hasibuan meraih Juara 1 nasional cabang dekorasi khat putra di kota Padang provinsi Sumatera Barat. Taufik Hasibuan merupakan anak pertama dari enam bersaudara putra dari pasangan Kasman Hasibuan dan Patimah Harahap, asal dari Desa Sungai Korang, Kecamatan Hutaraja, Tinggi Kabupaten Padang Lawas

Demikian laporan disampaikan Ketua Panitia Penyelenggara MTQ ke XIII tingkat Kabupaten Palas, yang juga Sekda Palas, Arpan Nasution, S.Sos. (WD-041)

Komentar Anda

Berita Terkini