Menkeu: Belanja Subsidi Besar, Bukti Nyata APBN Melindungi Masyarakat

harian9 author photo


JAKARTA| H9

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Kamis (24/02) merilis, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan di Januari APBN telah membelanjakan Rp.127,2 triliun. Belanja Kementerian/Lembaga (K/L) mencapai Rp.21,8 triliun dan belanja non KL mencapai Rp.50,4 triliun.

“Belanja yang sangat besar juga pada bulan Januari adalah belanja untuk subsidi. Jadi APBN sangat sangat nyata di dalam melindungi masyarakat, yaitu dari kenaikan harga energi dan minyak yang melonjak,” jelasnya secara virtual via saluran youtube Kementerian Keuangan.

Pada awal Januari ini Menkeu memaparkan belanja subsidi sudah mencapai Rp.10,2 triliun. Jika dibandingkan dengan tahun 2021 yang hanya Rp.2,3 triliun, ini merupakan kenaikan yang luar biasa tinggi.

Adapun belanja subsidi energi ditujukan untuk subsidi BBM dan elpiji 3 kg. Selanjutnya subsidi pupuk sebesar 0,7 ton, subsidi suku bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Rp.0,35 triliun di 2021 menjadi Rp.0,58 triliun di 2022, dan kredit KUR dari Rp.13,42 triliun naik ke Rp.23,16 triliun.

“Jadi kalau dilihat mata anggaran subsidi ini semuanya langsung dinikmati oleh masyarakat yaitu dalam bentuk tadi stabilitas harga BBM dan LPG dan dari sisi pupuk juga dari sisi kredit usaha rakyat yang suku bunganya disubsidi,” tambahnya.

Jadi, sebut Menkeu, dalam hal ini APBN memang menjadi garda atau sarana untuk melindungi masyarakat. (WP-03/rel)

Komentar Anda

Berita Terkini