PUD RPH Medan Fasilitasi Praktek Peserta PUK Juleha

harian9 author photo

MEDAN| H9
Perusahaan Umum Daerah Rumah Potong Hewan (PUD RPH) Kota Medan meminjamkan fasilitas dan tempat melakukan praktek pemotongan hewan untuk peserta Pelatihan dan Uji Kompetensi Juru Sembelih Halal (PUK Jukeha) pada Kamis dan Jumat, 17 dan 18 Februari 2022. 

Direktur Utama PUD RPH Medan Harisandi Syafril Harahap, S.Sos menyampaikan,  kegiatan PUK Juleha ini digelar oleh Halal Sains Center Institut Pertanian Bogor (HSC IPB)  berkerja sama dengan Meat & Livestok Asustralia (MLA) dan berkoluborasi dengan  PUD RPH Kota Medan sebagai lokasi praktek penyembelihannya. 
"Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat menambah para Juleha yang handal dan profesional khususnya si kota Medan," katanya Kamis (17/2/22) malam, saat menerima panitia dan peserta PUK Juleha di halaman RPH Kota Medan Jalan Rumah Potong Hewan No. 1 Medan.
Sementara itu, Kordinator Program dan Kepala Tata Usaha Halal Sains Center (HSC) IPB Agi Wirya Pranata selaku penyelenggara kegiatan menjelaskan, HSC merupakan pusat studi atau lembaga penelitian dibawah Kampus IPB yang kegiatannya juga meliputi pengabdian masyarakat. Maka ini juga merupakan salah satu kegiatan pengabdian yaitu memberikan pendidikan dan pelatihan. Sebab menurut Undang-Undang RI disetiap RPH harus memiliki Juleha yang handal profesional.   
"Kegiatan Pelatihan kali ini dilaksanakan untuk para juru sembelih halal yang berasal dari kota Medan, dan sekitarnya, juga dari Aceh. Ada 21 peserta yang mengikuti kegiatan ini," jelasnya.    
Menurutnya kegiatan ini dilakukan secara igrade (secara online dan offline). Secara online selama dua hari melalui zoom tanggal 10 dan 11 Februari 2022 dan  secara luring (langsung) pada tanggal 16 Febuari 2022, dilanjutkan tanggal 17 dan 18 Februari 2022 melakukan kegiatan ujian kompetensi nya.
"Untuk ujian kompetensi ini dilaksanakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Persatuan Dokter Hewan Indonesia (LSP PDHI). karena pelatihan yang diselenggarakan ini berbasis kompetensi yang menggunakan Standart Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) nomor 196 tahun 2014." tambahnya. 
Tampak hadir dalam acara penyambutan dan menerima  peserta PUK Juleha PUD RPH Kota Medan itu, diantaranya mewakili Pengusaha  Importir Sapi dari PT, LAL Ade Suherman Hasibuan, Mewakili Pengusaha Export Sapi dari Halleen Yudhistira Pratama  dan dari MLA  
drh. Helen Fadma.
Sementara dari PUD RPH Kota Medan, selain Dirut juga hadir Direktur Operasional  Boy Miharza, SE dan Direktur Pengembangan  Rudi Suntari, S.Ag,MM yang juga menyempatkan waktunya ikut sebagai peserta. Selanjutnya, Kepala Sentral Pengawas Internal (Ka.SPI) Adin, SS  Kabag Umum Mufti Mahyar Tanjung SE, Kabag Produksi Ir. Hijrah Sibarani,  Kabag Program Syarifuddin ST dan Ka Unit Sapi dan Kerbau Nurdin Fadhil,ST yang juga merupakan Auditor Halal Internal PUD RPH Kota Medan. (pu.001) 
Komentar Anda

Berita Terkini