Rupiah dan IHSG Menguat, Sekalipun Kasus Covid 19 Naik Tajam

harian9 author photo

MEDAN| H9
Terus dibayangi lonjakan kenaikan kasus covid 19 yang luar biasa, pasar keuangan nasional justru mampu mencetak kinerja baik di hari ini. IHSG ditutup naik 1.15% di level 6.707,65. Sementara kinerja mata uang rupiah diperdagangkan lebih baik ketimbang awal pekan ini. Dimana rupiah diperdagangkan di level 14.350 per US Dolar pada perdagangan sore ini.

 
"Kabar baik pasar saat ini banyak ditopang oleh membaiknya bursa di Eropa di sesi pembukaan. Selain itu, sekalipun PPKM masih diperpanjang, namun levelnya belum ada perubahan atau belum naik. Hal ini juga turut menjadi kabar baik bagi pasar keuangan nasional. Sekalipun kasus harian covid 19 angkanya naik menuju 20.000 per hari,"kata pengamat ekonomi Sumut, Gunawan Benjamin, Rabu (2/2/2022).
 
Jadi pelaku pasar sebenarnya tidak begitu terpengaruh dengan penambahan jumlah kasus covid 19, selama pemerintah tidak menaikkan level PPKM yang berdampak pada pembatasan aktifitas ekonomi masyarakat sehingga memunculkan tekanan di pasar keuangan nasional. Karena dampak ke ekonomi itu adalah lebih kepada kebijakan PPKM-nya. Berbeda dengan sektor kesehatan, yang justru sangat dirugikan jika terjadi penambahan kasus positif.
 
Di pekan ini sebenarnya data yang tersaji sangat mendukung penguatan di pasar keuangan. Ketegangan politik yang terjadi di Eropa, yang belakangan sedikit lebih dingin dari sebelumnya, membuat pergerakan bursa global masih relatif aman dari tekanan. Walaupun bukan berarti bisa diabaikan begitu saja. Tetapi setidaknya untuk sementara khususnya sampai akhir pekan ini pasar keuangan seharusnya bergerak di zona hijau.
 
Saya yakin, pelaku pasar masih akan mewaspadai penambahan jumlah kasus covid 19 di tanah air. Terlebih apabila ada kenaikan yang sangat ekstrim pada penambahan jumlah kasus  covid, yang memaksa pemerintah menaikan level PPKM. Dan ada perubahan kabar eksternal yang turut memicu gejolak di pasar keuangan global. Jadi di dua hari perdagangan sisa, pelaku pasar akan memantau segala kemungkinan tersebut.(PP-04)
Komentar Anda

Berita Terkini