Tindaklanjuti Vicon Penanganan Covid dengan Presiden: Pangdam Sidak RST Ambon

harian9 author photo

AMBON| H9

Usai menghadiri pengarahan Presiden RI, Ir. Joko Widodo  tentang penanganan Covid-19 secara virtual melalui Video Conference (Vicon), Panglima Kodam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Richard Tampubolon langsung melakukan sidak (inspeksi mendadak) ke RST atau Rumkit Tingkat II Prof J.A. Latumeten Ambon.

Kapendam XVI/Pattimura Kolonel Arh Adi Prayogo membenarkan setelah selesai melaksanakan  Vicon dengan Presiden RI di Lantai II Kantor Gubernur Maluku, Senin (7/2/2022). Pangdam langsung melaksanakan sidak di RST Ambon.

“Dalam vicon Presiden RI memberikan pengarahan secara langsung kepada para Kepala Daerah, Pangdam dan Kapolda di seluruh Indonesia terkait  perkembangan terakhir pandemi Covid-19 di Indonesia serta langkah-langkah percepatan penanganannya,” terang Kapendam.

Vicon tersebut dihadiri oleh Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno, Sekda Provinsi Maluku, Agus Ririmase dan serta pejabat terkait di lingkungan Pemprov.Maluku.

Lanjut dijelaskan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) juga memaparkan trend  kenaikan kasus Covid-19 varian Omicron di beberapa Provinsi yang berdasarkan data masih terkonsentrasi di Pulau Jawa dan Bali meskipun kasus kematian masih rendah.

Presiden berharap pihak rumah sakit memperhatikan suplai oksigen, vaksin, masker dan lainnya untuk bersiap dengan gelombang Omicron yang akan masuk. Dipaparkan juga soal karakter pasien yang dirawat di rumah sakit secara nasional yakni 93 persen tanpa Komorbid dan 7 persen dengan Komorbid.

“Vaksin menjadi kunci penanganan Omicron untuk menekan angka kematian. Tingkatkan protokol kesehatan dan utamakan pemakaian masker dan kita jangan terlalu panik,” kata Presiden.

Presiden memerintahkan kepada Pangdam dan Polda di tingkat provinsi,  serta Dandim dan Polresta untuk tingkat Kabupaten/Kota agar membantu dalam hal percepatan vaksinasi di daerah, termasuk di Maluku karena saat ini masuk ke dalam zona merah.

Untuk mengantisipasi lonjakan kasus, perlu meningkatkan disiplin protokol kesehatan dan menggunakan masker. Oleh karena itu sesuai dengan arahan presiden, Pangdam dalam sidaknya mengecek kesiapan rumah sakit RST Latumeten  Ambon seperti ketersediaan obat-obatan, oksigen, tempat isolasi serta ketersediaan vaksin. Tak hanya itu, Pangdam juga mengecek manajemen pelayanan dan  penanganan pasien. 

 Pada kesempatan tersebut, Pangdam mengatakan bersama stakeholder terkait akan segera menggelar kegiatan Genjot Vaksinasi secara serentak, khususnya di wilayah Maluku. Ia menghimbau kepada masyarakat jangan ragu-ragu untuk vaksin  dan selalu patuhi protokol kesehatan demi kesehatan kita bersama ," Beta Vaksin, Ale Vaksin, Katong Samua Sehat" ajak Pangdam.

Pangdam juga menyampaikan penekanan Presiden,  pasien yang melaksanakan isolasi agar dibedakan yang bergejala ringan melaksanakan isolasi mandiri, sedangkan pasien gejala berat agar ke rumah sakit untuk tindakan lebih lanjut. 


Komentar Anda

Berita Terkini