Tol Binjai-Stabat Koneksikan Sentra Produksi Dorong Pengembangan Potensi Daerah

harian9 author photo


JAKARTA| H9

Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Ruas Binjai-Langsa seksi Binjai-Stabat pada hari ini (04/02). Peresmian tersebut turut dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wiroatmodjo, dan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.

Presiden mengatakan bahwa jalan tol Binjai-Langsa seksi 1 Binjai-Stabat sepanjang 11,8 kilometer telah siap dimanfaatkan untuk mendukung kelancaran konektivitas. Ruas jalan tol ini merupakan bagian dari jalan tol Binjai-Langsa sepanjang 131 kilometer. Jika sudah rampung seluruhnya, jalan tol ini akan menghubungkan Provinsi Sumatera Utara dengan Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, yang juga menjadi bagian dari jalan tol Trans Sumatera yang akan menyambung dari Lampung hingga ke Aceh.

“Jalan nasional yang terkoneksi tersambung antarprovinsi akan menghubungkan sentra-sentra produksi daerah-daerah yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan dan membuka peluang usaha baru terutama yang berada di sekitar jalan,” Jelasnya.

Presiden menambahkan bahwa jalan ini juga akan mempermudah akses ke berbagai destinasi wisata yang ada di Sumatera Utara, misal kawasan wisata Bukit Lawang di Bahorok, kawasan wisata Tangkahan, dan kawasan wisata rohani Tuan Guru di Tanjung Pura Langkat. Selain itu, kehadiran jalan tol ini juga merupakan kesempatan yang sangat baik untuk mengembangkan potensi-potensi daerah yang dikelola oleh masyarakat lokal.

“Saya yakin dengan kemajuan infrastruktur ini kita akan bisa mengembangkan potensi-potensi yang ada di daerah baik tadi saya sampaikan pertanian, wisata, perkebunan, perikanan, dan lain-lainnya. Saya titip agar investor yang baik ini dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mendorong usaha baru, meningkatkan lapangan kerja, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” lanjut Presiden. (wp.03/rel)


 

Komentar Anda

Berita Terkini