cari


 

Walikota Buka Forum Konsultasi Publik RKPD Kota Padangsidimpuan Tahun 2023

harian9 author photo

 

PADANGSIDIMPUAN | H9

Walikota Padangsidimpuan Irsan efendi Nasution, SH buka acara konsultasi publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Padangsidimpuan Tahun 2023 di Emerald Ballroom Hotel Mega Permata Padangsidimpuan, Senin (14/02).

Dalam Arahannya Walikota mengatakan Forum Konsultasi Publik yang dilaksankan saat ini merupakan amanat dari peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 85 Tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah tentang rencana pembangunan jangka panjang daerah dan rencana pembangunan jangka menengah daerah, serta tata cara perubahan rencana pembangunan jangka panjang daerah, rencana pembangunan jangka menengah daerah dan rencana kerja pemerintah daerah.
 
“Konsultasi publik merupakan rangkaian dari proses penyusunan rencana kerja pemerintah daerah secara partisipatif untuk menjaring aspirasi dan kebutuhan masyarakat sesuai potensi dan permasalahan yang dihadapi guna mengoptimalkan hasil pembangunan di wilayah masing-masing” jelas walikota.
 
Untuk itu, Walikota meminta partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan untuk berperan dalam pengambilan keputusan, dengan melibatkan stakeholder dan pemangku kepentingan pembangunan.
 
Pembangunan pada dasarnya adalah proses perubahan berbagai aspek kehidupan menuju kondisi labih baik dan adanya keterpaduan antara aspek politis, teknokratis dan aspiratif.
 
Walikota mengingatkan, Dalam penyusunan RKPD Kota Padangsidimpuan Tahun 2023, harus mengacu pada RPJMD Kota Padang Sidempuan tahun 2019 – 2023 yang telah disusun dan Renstra perangkat daerah dengan memperhatikan prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan di tahun 2023 nanti.
 
Untuk tahun 2023 terdapat delapan rencana prioritas pembangunan Kota Padangsidimpuan, antara lain:

1.       Pengembangan ekonomi kerakyatan berbasis komoditas unggulan daerah.
2.       Percepatan pengentasan kemiskinan.
3.       Meningkatkan pembangunan infrastruktur dasar kehidupan masyarakat.
4.       Meningkatkan ketahanan lingkungan hidup.
5.       Peningkatan daya saing layanan pendidikan sebagai Kota Pelajar.
6.       Pemerataan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat.
7.       Peningkatan pemberdayaan perempuan, pemuda dan olahraga dalam pembangunan, dan
8.       Implementasi reformasi birokrasi. 

Untuk itu Walikota berharap kepada seluruh komponen pelaku pembangunan untuk memberikan sumbangan pemikiran, sehingga melalui forum konsultasi publik rancangan awal RKPD tahun 2023 ini dapat mengakomodir berbagai aspirasi masyarakat yang akan dipaduserasikan dengan kebijakan dan program pembangunan pemerintah. (WD035)
 
 
Komentar Anda

Berita Terkini