Bupati Dolly Resmikan Salah Satu Masjid Termegah di Tapsel

harian9 author photo

 

TAPSEL|H9
Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H. Dolly Pasaribu, S.Pt, MM, meresmikan Masjid Jami' Al Hidayah di Desa Parsalakan, Kecamatan Angkola Barat, Kabupaten Tapsel, Sabtu (5/3/2022).

Peresmian Masjid Jami' Al Hidayah yang di prakarsai mantan Kapolres Tapsel Brigjen Pol Roni Santana, SIK, MTCP, juga dihadiri Bupati Padang Lawas Utara (Paluta) Andar Amin Harahap, SSTP,M.Si, Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH, Anggota DPRD Provinsi Sumut H. Syamsul Qamar, Ketua DPRD Tapsel Husin Sogot Simatupang, Ketua DPRD Padangsidimpuan Siswan Siswanto, SH, tokoh masyarakat Sumatera Utara yang juga dan mantan Bupati Tapsel dua periode H. Syahrul M. Pasaribu, Pimpinan OPD, tokoh adat, tokoh nasyarakat dan tokoh pemuda.

Bupati Tapsel H. Dolly Pasaribu, S.Pt, MM dalam sambutannya berharap, agar kiranya demgan berdirinya Masjid Jami' Al Hidayah ini bisa sesuai dengan namanya, yakni akan menurunkan hidayah kepada semua orang. Begitu juga dengan niat ikhlas Brigjen Pol H Rony Samtana, SIK, MTCP, yang telah menginisiasi pembangunan masjid tersebut, kiranya dibalas Yang Maha Kuasa dengan ganjaran pahala yang berlipat ganda. 

" Barang siapa yang membangun masjid, maka Allah akan membalas dengan membangun istananya di surga nantinya, " kata Bupati Dolly 

Tak hanya itu, Bupati juga berharap supaya, masyarakat khususnya di Angkola Barat dan sekitarnya, dapat memakmurkan masjid itu serta bisa terus membenahi lingkungan, dengan menjaga kebersihan dari masjid tersebut.

" Diharapkan dengan kita memakmurkan masjid yang pada akhirnya, bisa meningkatkan nilai sosial dan ekonomi di Kabupaten Tapsel pada umumnya dan di Kecamatan Angkola Barat khususnya, " ucap Dolly.

Sementara, tokoh masyarakat Sumatera Utara, yang juga mantan Bupati Tapsel dua periode H Syahrul M. Pasaribu, SH, menyampaikan, dengan diresmikannya masjid itu akan bertambah rumah ibadah di Tapsel dan nantinya akan terus memperkokoh kerukunan ummat beragama.

" Harapan saya, masyarakat Angkola Barat bisa menjaga masjid itu dengan baik serta tujuan berdirinya bisa mencapai sasaran, serta ini menjadi sumber inspirasi bagi kita semua, " sebut Syahrul.

Sedangkan, Brigjen Pol Rony Samtana SIK, MTCP, selaku penggagas berdirinya Masjid Jami' Al Hidayah juga menceritakan bagaimana inspirasi dalam pembangunan masjid yang ia gagas, sejak ia menjabat sebagai Kapolres Tapsel.

Ia juga mengaku terharu dan mengucapkan rasa bahagia karena banyak masyarakat yang sudah dianggapnya seperti keluarga dapat hadir pada peresmian masjid tersebut.

" Dulu saya masih menjabat menjadi Kapolres Tapsel yang membawahi tiga Kabupaten, yakni Tapsel, Palas, dan Paluta dan dulu saya sering bolak-balik naik sepeda dari Padangsidimpuan ke Parsalakan. Melihat pemandangan dari Parsalakan sangat bagus. Dari situlah terbesit untuk membangun sebuah masjid di Parsalakan, " ungkap Rony.

Rony berharap, masjid itu nantinya bisa menjadi ikon Kabupaten Tapsel. Masjid itu sendiri, urai Rony, memiliki dua lantai yang mana, lantai pertama sebagai tempat tahfidz (penghafal Al Quran) dan lantai dua sebagai tempat salat. 

Lebih lanjut, Rony menjelaskan bagaimana waktu dulu ia bertugas di Sulawesi Selatan, ada petua mengatakan, 'Pak Rony kalau sudah punya satu rumah bagus di dunia, jangan membangun rumah bagus ke dua di dunia, sebelum membangun rumah bagus Pak Rony di akhirat'. 

" Alhamdulillah kami hanya menyiapkan lahannya, banyak orang-orang yang ingin memiliki rumah bagus di akhirat dan saya yakin banyak dari bapak/ibu yang ikut sama membangun masjid ini. Bukan saya yang membangun masjid ini tapi kita semua membangun masjid ini, " terangnya.

Sedangkan Kapolres Tapsel AKBP Roman Smaradhana Elhaj, SH, SIK, MH mengucapkan terima kasih kepada Brigjen Pol Rony Samtana SIK, MTCP yang telah membangun Masjid Jami' Al-Hidayah.

" Semoga masjid ini menjadi tempat tambahan ibadah bagi masyarakat Tapsel khususnya masyarakat Angkola Barat, " tutur Roman. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini