Cegah Banjir, Warga Jalan Garu III Kecamatan Medan Amplas Lakukan Gotong Royong Pengerukan Parit

harian9 author photo

 

MEDAN| H9
Untuk mencegah banjir yang selalu datang setiap hujan turun, warga Jalan Garu III Lingkungan 35 dan 36 Kelurahan Harjosari 1, Kecamatan Medan Amplas, melakukan kegiatan gotong royong pengerukan parit.

AKBP (Purn) Mulyono yang juga tokoh masyarakat di Jalan Garu III mengatakan, gotong royong ini dilakukan secara swadaya dan masyarakat Lingkungan 35 dan 36 membantu Pemko Medan dalam hal ini untuk mengatasi banjir.

"Sudah beberapa hari ini, masyarakat bergotong royong membersihkan parit yang ada di Jalan Garu III, untuk mencegah terjadinya banjir kembali sekaligus membantu Pemko Medan untuk mengatasi permasalahan banjir setiap hujan turun," ungkapnya, Kamis (24/3/2022) pagi.

Mulyono mengharapkan Pemko Medan agar melakukan pengerukan sedimen sampai ke dasar, bukan sekedar ABS (Asal Bapak Senang).

"Selama ini ada UPT, selama ini ada honorer dari pihak Kecamatan Medan Amplas tapi datang rame-rame jam sembilan pagi, dia datang nonton-nonton bukan pakai target. Kami masyarakat gotong royong ini pakai target sampai sedimen di parit ini dikeruk sampai dasar," ucapnya.

Ditambahkan Mulyono, kalau hal ini dilakukan oleh Pemko Medan, maka kita akan mencegah banjir sekecil mungkin, atau minimal tidak lama air itu tergenang.

"Permintaan kami kepada bapak Wali Kota Medan Bobby Nasution, kalau bisa air yang dari Jalan Garu IV, V, VI, VII, dan VIII, jangan semua turun ke Jalan Garu III. Inilah sebenarnya penyebab banjir, kalau bisa dialirkan ke sungai arah ke Amplas," terangnya.

Mulyono meminta kepada UPT yang ada di wilayah Medan Amplas berkomunikasi dengan warga, supaya warga mendukung program pemerintah Kota Medan.

"Kita bersedia mendukung Pemko Medan untuk mengatasi banjir, karena kalau kami tidak diajak dan tidak dirangkul untuk berkomunikasi bagaimana pemerintah bisa berjalan, harapan kita komunikasi dua arah antara warga dan pemerintah," pungkas Mulyono. (PP-04)

 

Komentar Anda

Berita Terkini