Dr.Asrul Simangunsong SpB-KBD dan Mahasiswa Kedokteran USU, gelar Khitanan Massal dan Screening Kesehatan Warga.

HARIAN9 author photo

 

KISARAN|H9
Dalam rangka menyambut Bulan suci Ramadhan 1443 H, yang tinggal menghitung hari,Dr.Asrul Simangunsong bersama Mahasiswa Kedokteran USU melakukan Giat Sosial bidang Medis Pengobatan Gratis dan Khitanan Massal dilaksanakan  di Aula Kantor Balai Desa Bandar Pulau Pekan.(Minggu 29/03/2022).

Selaku Putra Daerah Desa Bandar Pulau Pekan, Kec. Bandar Pulau, Asahan, merasa terpanggil untuk melakukan Giat sosial bidang medis, berupa pelayanan Khitanan Massal serta konsultasi dan  screening kesehatan gratis kepada warga desa Bandar pulau Pekan khusunya dan umumnya Kec. Bandar Pulau, Hal ini diungkapkan oleh putra terbaik Bandar Pulau, Dr.Asrul Simangunsong SpB-KBD, pada awak media, di lokasi kegiatan,.

Dijelaskannya, Bahwa kegiatan peduli sosial serupa ini, sudah dilakukan sejak beberapa tahun kemarin serta harapannya bisa terus berkelanjutan , dan saat ini kami memberikan pelayanan Khitanan  kepada 20 anak laki laki, serta melayani konsultasi atau screening keluhan berbagai jenis penyakit yang dialami warga masyarakat desa ini untuk satu hari ini, semuanya dilakukan secara Gratis 

Nantinya, lanjut Dosen FK USU ini,   setelah dilakukan konsultasi atau screening  berbagai keluhan penyakit warga tersebut, akan diberikan petunjuk lanjutannya, berupa saran untuk rujukan pada unit unit medis sesuai spesifikasi jenis penyakitnya  di instalasi rumah sakit setingkat kabupaten maupun propinsi di Sumatera Utara.

Khusus bidang pelayanan teknis Khitanan kepada anak laki laki sebanyak 20 orang, sebab ini terkait  Bedah medis,  kami melakukannya bersama sejumlah Anak didik (Dokter muda) dari unsur Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (FK USU)  Medan, diharapkan dapat membantu memberikan pelayanan medis secara baik dan tepat, sehingga dengan kegiatan ini diharapkan bermanfaat baik, dan warga terbantukan, terutama masih dalam susana masa pandemi Covid 19,  terang Asrul yang juga ketua Ikatan Dokter Ahli Bedah Indonesia Wilayah Sumatera Utara ini.

Tampak pada giat sosial kesehatan ini, 
warga masyarakat Desa menyambut secara antusias berdatangan, secara tertib antri untuk mendapatkan pelayanan medis, khusus bidang pelayanan khitan, terpantau dilakukan di ruangan aula Balai Desa, Desa Bandar Pulau Pekan, untuk Bidang konsultasi, screening dan pemeriksaan kesehatan lainnya , dilakukan langsung oleh Dr. Asrul Simangunsong, SPB-KBD, didalam 1 ruangan khusus.

Ditempat yang sama, kepala Desa Bandar Pulau Pekan, Azwar Wanto ,mengungkapkan sambutan positif dan  rasa terima kasih atas digelarnya acara peduli sosial bidang kesehatan ini,
" Sebagai pemerintah Desa Bandar Pulau Pekan, kami menyambut positif kegiatan sosial bidang medis ini, kami siap berkolaborasi dengan menyediakan sarana dan fasilitas, untuk mendukung suksesnya acara ini, dan Alhamdulillah semuanya berlangsung lancar dan warga dapat terlayani dengan baik.

Besar harapan kami, bahwa kedepannya  untuk kegiatan sosial  seperti ini maupun bidang lainnya dapat ditingkatkan lagi, sehingga warga masyarakat dapat terbantukan, terutama bagi keluarga masyarakat kurang mampu, secara ekonomi,  tegas Anto.(WD032)
Komentar Anda

Berita Terkini