Ernawati Trenggono Kunjungi DEKRANASDA Aceh Tamiang

HARIAN9 author photo

 

ACEH TAMIANG| H9
Isteri Menteri Kelautan dan Perikanan yang juga pengarah DWP KKP, Ernawati Trenggono, kunjungi Galeri Dekranasda di Karang Baru dan disambut oleh  Dr. Rita Syntia Mursil pada Rabu (16/7/2022). 

Dalam kesempatan tersebut, Rita Syntia turut memberikan penjelasan beberapa produk unggulan  yang ikut didukung dan dibina oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Aceh Tamiang, diantaranya  songket tenun motif khas daerah, gula sawit dan sejumlah panganan ringan lokal,"terangnya.

" Aceh Tamiang memiliki motif tenun songket terbanyak yang telah dipatenkan, yaitu sekitar 25 motif. Dari jumlah tersebut, beberapa motif kini tengah dikerjakan oleh para perajin untuk memenuhi permintaan pemesan, baik pesanan perorangan dan galeri toko.

“Songket Aceh Tamiang juga telah dikurasi dan masuk di Sarinah Jakarta. Saat ini kami sedang menjaring perajin songket untuk mempertahankan budaya tradisi tenun songket bekerjasama  dengan Bank Indonesia Lhokseumawe,”ungkap Rita Ketua Dekranasda Aceh Tamiang. 

Kesempatan yang sama, Ernawati Trenggono menyampaikan, saya sangat mengapresiasi ketua, pengurus Dekranasda, serta perajin tenun yang ada. Peran Dekranasda sangat penting guna terus mendorong berkembangnya UMKM lokal,"terangnya.

Sekitar satu jam berada di Galeri Dekranasda Aceh Tamiang, Ernawati yang didampingi isteri Sekjen KKP, para isteri pejabat eselon 1 dan eselon 2 KKP. Rombongan turut menikmati makanan ringan dan minuman khas daerah Bumi Muda Sedia bergerak ke lokasi klaster pengembangan udang vaname terintegrasi untuk melakukan panen parsial kedua di Kampung Dagang Setia Kecamatan Manyak Payed Kabupaten Aceh Tamiang. (WD-013). 
Komentar Anda

Berita Terkini