Forkopimda Resmikan Desa Wek IV Batangtoru Tapsel Jadi Kampung Pancasila

harian9 author photo


 TAPSEL| H9
Desa Wek IV yang berada di Kecamatan Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), diresmikan menjadi Kampung Pancasila, yang dihadiri berbagai elemen organisasi kepemudaan, Rabu (30/3/2022).

Peresmian kampung Pancasila dihadiri Kasdim 0212/TS, Mayor Inf Donal Surbakti, Kapolres Tapsel, AKBP Roman Smaradhana Elhaj, SH, SIK, MH, diwakili Kapolsek Batangtoru, AKP Tona S, SH, Camat Batangtoru, Mara Tinggi Siregar, Danramil Batangtoru, Kapten Inf Zamril, perwakilan Rumkit Bhayangakara TK IV Batangtoru Ipda D Sianipar, pimpinan PT AR, PT SKL, dan PT MIR, Ketua MUI, tokoh agama, masyarakat, Raja Luat, dan Pemuda  Kepala Desa/Lurah dan Kader PKK.

Kasdim 0212/TS, Mayor Inf Donal Surbakti, menyampaikan, makna nyata dari Bhineka Tunggal Ika (walaupun berbeda-beda, namun satu jua) itu, tergambar di Kampung Pancasila. Maka dari itu, pihaknya ingin membangun kembali wadah persatuan itu dengan hadirnya Kampung Pancasila.

" Kami berharap ini dapat menular ke Desa dan Kelurahan lain. Kiranya, sampai kapan pun nilai-nilai luhur dari Pancasila akan tertanam di hati para generasi muda, " ujar Mayor Donal Surbakti.

Sementara Kapolres Tapsel, AKBP Roman Smaradhana Elhaj, SH, SIK, MH, diwakili Kapolsek Batangtoru, AKP Tona S, SH, berpesan kepada kaum muda khususnya yang bernaung dalam Naposo Nauli Bulung (NNB), agar selalu meningkatkan rasa persaudaraan dan silaturahmi dengan sesama. 

" Dengan dihunjuknya Desa Wek IV jadi Kampung Pancasila, maka ini dapat dimaknai dengan mengenang jasa-jasa para pejuang kita terdahulu yang secara konsisten menyatukan rakyat Indonesia yang beragam dan majemuk, " ungkap Kapolsek.

Sebelumnya, Danramil Batangtoru, Kapten Inf Zamril, mengucapkan terimakasih ke semua pihak yang telah menghadiri acara peresmian Kampung Pancasila untuk Kecamatan Batangtoru itu. Kampung Pancasila dibentuk, bertujuan untuk menyatukan keberagaman warga yang terdiri dari berbagai agama dan suku.

Sedangkan Camat Batangtoru, Mara Tinggi Siregar, berharap agar ke depan Kampung Pancasila bisa menjadi piooner dalam mempererat rasa persaudaraan khususnya di Kecamatan Batangtoru, agar adat istiadat Dalihan Na Tolu bisa lestari di Batangtoru.

Usai peresmian, dilanjutkan dengan pengguntingan pita di Gerbang Kampung Pancasila dan pengecekan rumah baca dan rumah wawasan kebangsaan. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini