Hujan Terus Menerus, Harga Cabai 60 Ribu, Tomat 15 Ribu per Kg

harian9 author photo


MEDAN| H9
Harga cabai merah belakangan ini memang mengalami kenaikan yang cukup tajam. Ada yang menjual cabai merah di harga 60 ribu per Kg pada hari ini. 

Ketua Pemantau Harga Pangan Sumut, Gunawan Benjamin mengatakan dari pantauan, faktor cuaca yakni hujan dengan intensitas yang cukup tinggi membuat petani enggan turun ke ladang, sehingga distribusi barang mengalami gangguan yang cukup serius.

"Dari sisi pasokan, seperti yang pernah saya utarakan di pekan kedua bulan februari lalu. Sejumlah wilayah produsen cabai merah mulai berkurang produksinya. Sehingga harga sempat terkerek hingga mencapai 30 ribuan per Kg. Dan pada saat ini, ditambah dengan buruknya cuaca membuat harga cabai merah mengalami kenaikan," katanya, Jumat (4/3/2022).

Kenaikan harga cabai merah tersebut akan menjadi berkah tersendiri bagi petani. Maklum para petani cabai merah kita sempat terpuruk. Harga cabai merah sebelum pertengahan februari 2022 sempat menyentuh 13 hingga 18 ribu per Kg. Di tingkat petani kala itu, harga sempat anjlok hingga menyentuh 8 ribu per Kg.

Kesulitan petani belum berhenti disitu, harga cabai merah yang murah diikuti dengan lonjakan harga pupuk yang cukup tinggi. Bebannya sangat besar, dan kita berharap kenaikan harga cabai merah saat ini menjadi momen bagi petani untuk  memperbaiki kondisi keuangannya.

"Namun saya sangat yakin harga cabai merah di akhir pekan ini nantinya akan turun dibandingkan harganya saat ini. Cuaca terlihat mulai kondusif, dan dari hasil wawancara saya sengan sejumlah petani dan pedagang besar, mereka yakin harga cabai merah bisa turun mulai besok. Tetapi saya memperkirakan harga cabai merah sementara waktu kalaupun turun, masih berada diksiaran 30 ribuan ke atas per Kg nya," ujarnya.

Selain cabai merah, tomat juga sempat menyentuh 15 ribu per Kg. kenaikan harga tomat juga dipicu oleh faktor yang sama. Harga tomat yang sempat bertahan murah sebelumnya juga membuat sebagian petani enggan menanam tomat, hal ini turut memicu terjadinya kenaikan harga. Meskipun sebelumnya juga ada kabar terkait permintaan ekspor tomat yang tinggi juga turut mendorong kenaikan harga.

Pada dasarnya saat cabai merah murah, petani juga ada yang kerap beralih ke tanaman lainnya. Jadi kalau harga murah, ini menjadi disinsentif bagi petani untuk menanam tanaman yang sama. Sehingga stok di tingkat petani kerap naik turun dan memicu fluktuasi harga.(PP-04)

Komentar Anda

Berita Terkini