Ketua PWI Langkat Kecam Penganiayaan Wartawan di Madina

harian9 author photo

 

LANGKAT| H9
Kekerasan fisik yang menimpa wartawan di Mandailing Natal, Jeffry Barata Lubis (42) yang diduga dilakukan salah satu Ormas Kepemudaan setempat, Jumat (4/3/2022) dikecam oleh banyak pihak.

Salah satunya datang dari Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Langkat, Darwis Sinulingga. Ia menyebutkan, pemukulan, pengeroyokan, dan perampasan alat kerja serta penghapusan paksa hasil liputan, jelas telah melanggar hukum.

“Di era seperti sekarang ini, sudah tak jamannya lagi melakukan tindakan kekerasan ala Premanisme. Kalau memang ada yang keberatan atau merasa dirugikan terkait pemberitaan, harus diselesaikan dengan pemberitaan juga.

Artinya kalau berita yang disampaikan wartawan dirasa kurang tepat, lakukan hak jawab atau koreksi, bukan menempuh cara bar bar dengan menganiaya wartawan, ini jelas perbuatan biadab. Apalagi wartawan yang dianiaya menjalankan profesinya dengan benar,” tegas Darwis Sinulingga, Sabtu (5/3/2022).

Pria yang akrab disapa Yong Ganas ini juga meminta sekaligus mendesak Polres Mandailing Natal (Madina) segera menangkap para pelaku penganiayaan dan menyeret aktor- aktor yang terlibat didalamnya.

“Kami berharap aparat penegak hukum segera bertindak cepat mengamankan pelaku sekaligus dalang dari penganiayaan yang menimpa rekan kami,” harap Darwis.

Lebih lanjut dikatakan pria yang juga sudah malang melintang di dunia jurnalistik ini, dalam menjalankan profesinya, wartawan juga dilindungi oleh Undang Undang.


“Dalam bertugas, kami juga dilindungi sebagaimana diatur dalam UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers,” ungkap Darwis, seraya kembali mengingatkan agar aparat hukum segera bertindak sehingga kejadian yang sama tidak terulang kembali

Informasi diperoleh, pemukulan ini diduga kuat terkait pemberitaan tambang emas illegal di Kabupaten Madina, yang belakangan kerap diberitakan Jefri bersama rekan-rekan wartawan lainnya di Kabupaten Madina.

Akibat pemukulan itu, Jefri mengalami bengkak dipelipis wajah sebelah kanan dan mengalami luka-luka di kaki kiri. (WD.042)


Komentar Anda

Berita Terkini