Ketua TP PKK Sumut: PKK Garda Terdepan Wujudkan Ketahanan Keluarga

harian9 author photo


MEDAN| H9
Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis mengatakan PKK merupakan garda terdepan dalam mewujudkan ketahanan keluarga. Sebab PKK memiliki kader-kader yang bisa masuk ke dalam sistem terkecil di masyarakat yaitu keluarga.

Hal itu dikatakan Nawal Lubis usai mengikuti acara puncak Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-50 tahun 2022 Tingkat Nasional secara virtual di Command Centre Sumut Smart Province, Kantor Gubernur, Lantai 6, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30, Medan, Selasa (8/3). “PKK jadi garda terdepan dalam mewujudkan keluarga berkualitas dalam semua aspek mulai pendidikan, kesehatan, sosial budaya dan ekonomi,” kata Nawal. 

Untuk mewujudkan hal tersebut, PKK memiliki 10 program pokok. Antara lain, penghayatan dan pengamalan Pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga, pendidikan dan keterampilan, kesehatan, pengembangan kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat.

“Selain itu, persoalan di masyarakat juga pasti berkembang setiap masa, PKK juga dituntut merespons setiap perkembangan itu, oleh sebab itu, PKK selalu melakukan inovasi dalam setiap programnya,” kata Nawal. 

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian yang memberi arahan pada HKG PKK ke-50 itu juga menyebut PKK merupakan organisasi yang sangat bisa menyentuh keluarga. Sebab PKK memiliki kader-kader yang ada di komunitas terkecil dalam masyarakat. Bahkan menurutnya, organisasi lain tidak memiliki kader seperti PKK. 

“Satu-satunya organisasi yang bisa sampai ke keluarga hanya PKK, sistem administrasi pemerintahan pun hanya sampai RT, inilah kehebatan kita,” kata Tito. 

Apalagi PKK sudah ada 50 tahun dan punya srtuktur yang kuat pula. Dengan hebatnya PKK, Tito merasa efek program PKK akan sangat kuat. PKK juga merupakan mitra yang sangat penting untuk pemerintah atau dunia usaha.

“Jadi mesin ini (PKK) sangat ekstensif dan sudah well established, 50 tahun sudah eksis, kalau saya tentu ingin agar diberdayakan mesin ini, mesin yang paling powerful,” kata Tito. (PR-1)

Komentar Anda

Berita Terkini