Majelis Adat Aceh Gelar Sosialisasi Resam Kampung

harian9 author photo

 

ACEH TAMIANG| H9
Majelis Adat Aceh (MAA) Kabupaten Aceh Tamiang Gelar Sosialisasi Penyusunan Resam Kampung. Kegiatan berlangsung di Aula Kantor MAA Aceh Tamiang. Selasa (22/03/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Ketua MAA Drs. Abdul Mu’in menerangkan, sosialisasi ini bertujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam pembuatan aturan kampung yang sejalan dengan kearifan lokal,"jelasnya.

“Semua peraturan harus sejalan dengan adat istiadat dan syari'at, serta tidak bertentangan dengan hukum yang ada. MAA berkomitmen mendukung dan mengawal pembangunan sesuai kapasitas lembaganya. 

“Dengan komitmen tersebut, kami bertekad terus melaksanakan sosialisasi penyusunan resam kepada seluruh masyarakat kampung dalam Kabupaten Aceh Tamiang,”ungkap Ketua MAA. 

Sementara itu, Kepala Sekretariat MAA M. Fajar menjelaskan, peserta sosialisasi berasal dari Kemukiman Simpang IV Kecamatan Karang Baru. Dengan jumlah peserta yang mengikuti sosialisasi sebanyak 55 orang dari sebelas kampung. Mereka mengirimkan peserta lima orang dengan rincian, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh perempuan serta unsur tokoh adat kampung,” jelasnya. 

"Untuk Narasumber kegiatan berasal dari tiga instansi daerah, yakni MAA, Satuan Polisi Pamong Praja dan Wilayatul Hisbah (Satpol PP dan WH), dan Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten. Kegiatan digelar selama sehari," ungkap Fajar. (WD-013). 


Komentar Anda

Berita Terkini