Menkeu: Diperlukan Kebijakan Tepat untuk Capai Target NDC

harian9 author photo

JAKARTA| H9

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan, untuk memenuhi Nationally Determined Contribution (NDC) dengan pengurangan emisi CO2 sebesar 29 persen dengan usaha sendiri atau 41% dengan dukungan internasional, membutuhkan kebijakan yang tepat. Salah satunya melalui partisipasi investor untuk mencapainya.

“Pendanaan akan sangat membutuhkan kerangka kebijakan yang dapat mengundang lebih banyak sektor swasta maupun BUMN untuk berpartisipasi dalam tujuan ini,” ungkap Menkeu pada Webinar S20 “Just Energy Transition” secara daring, Kamis (17/03).

Pertama, Pemerintah harus merancang bagaimana perubahan iklim dapat diatasi, termasuk dalam hal ini transisi energi. Menkeu mengatakan, hal ini penting karena energi memberikan kontribusi yang sangat besar pengaruhnya terhadap NDC.

“Jadi perbaiki kebijakannya, bagaimana kita akan melakukannya,” tandasnya.

Kedua, dengan merancang sumber pendanaan. Kebutuhan pendanaan ini utamanya untuk mengubah penggunaan energi tak terbarukan pada energi baru terbarukan.

“Dalam hal ini Kementerian Keuangan, kami membangun apa yang disebut blended finance melalui Special Mission Vehicle seperti PT SMI yang akan bekerja sama dengan Multilateral Development Bank, filantropis, dan komunitas internasional untuk dapat melakukan investasi yang besar dan mahal ini,” jelasnya.

Selain itu, Kementerian Keuangan juga menciptakan instrumen seperti green bond untuk membuka peluang investasi di Indonesia. Pembiayaan ramah lingkungan ini ditawarkan di dalam negeri maupun global.  (WP-03/rel)

Komentar Anda

Berita Terkini