Pangdam I/BB, Mayor Jenderal TNI A.Daniel Cardin,SE.,MSi : Tugas TNI dan Media Semakin Berat

harian9 author photo

 

MEDAN| H9
 Pandam I/BB, Mayor Jenderal TNI A.Daniel Cardin,SE.,MSi mengundang insan media dalam acara ramah tamah dan silahturahmi yang dilaksanakan di Jalan Rotan No 1 Kelurahan Petisah Tengah Kecamatan Medan Petisah, Media Center Kodam I/BB - Kota Medan, Kamis (31/3/2022) dimulai pukul 09.00 WIB sampai selesai.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk bertatap  muka langsung dengan Pangdam I/BB yang baru resmi bertugas di Kodam sejak bulan Februari 2022 lalu. 

Acara dimulai dengan ucapan kata sambutan dari ketua PWI Sumut, yang diwakili oleh Sekjen PWI Sumut, Hamonangan Panggabean dengan mengucapkan terimakasih kepada Bapak Pangdam I/BB, dan para staf Kodam I/BB, para pemimpin redaksi dan para wartawan yang bertugas di Kodam I/BB.

Dikatakan Hamonangan, bahwa karena adanya tugas mengikuti Seminar Nasional Serikat Pekerja Surat Kabar di Jakarta, Ketua PWI Sumut H.Farianda Putra Sinik tidak dapat hadir  

PWI Sumut juga menyampaikan selamat datang dan bertugas di Kodam I/BB kepada Mayor Jenderal TNI A.Daniel Cardin,SE.,MSi  yang resmi bertugas sejak bulan Februari 2022.

"Kami wartwan dan Kodam punya tugas yang sama  yaitu sama-sama membela kepentingan rakyat. Kami ingat PWI dan Kodam I/BB sejak dulu sudah terjalin harmonis," kata Hamonangan.

Disebutkan lagi, Kodam selama ini dikenal telah banyak berbuat kepada masyarakat di Sumut terkhusus juga pada wartawan. Untuk atlit berprestasi Kodam juga ada merekrut menjadi ASN di Kodam dan juga melahirkan atlit berprestasi yang berasal dari prajurit TNI Kodam I/BB.

Sementara itu, dalam perkenalan Pangdam I/BB Mayor Jenderal TNI A.Daniel Cardin,SE.,MSi terhadap wartawan mengatakan, berterimakasih kepada media yang bersedia hadir untuk bertatap muka. 

"Saya berterimakasih kepada media yang bersedia hadir untuk bertatap muka. Ini salah satu bentuk kita untuk berinteraksi,"kata Pangdam.

Pria lulusan Akmil tahun 90 an kelahiran Ujung Pandang dan besar di Kota Binjai ini pun mengatakan kemajuan teknologi dan informasi saat ini dibutuhkan kemampuan dan analisis yang tajam. Hal itu agar mampu menyempurnakan informasi yang terbuka di pencarian google yang mencapai 95 persen.

" Baik TNI dan Media harus mampu menyempurnakan 5 persen lagi dari informasi yang telah terbuka tersebut. Agar menjadi informasi yang akurat dan sempurna. Untuk itu diperlukan ketajaman, investigasi, dan analisis yang baik,"ujar nya.

Sambung Pangdam lagi, Tugas jurnalis juga semakin berat. "Kita harus dapat menyempurnakan 5 persen dari 95 persen. 

Inilah dibutuhkan kerjasama dalam informasi dari rekan wartawan,"terangnya.

Untuk itu, sambung pangdam lagi, TNI dan Media harus lebih intens bertemu dan bertatap muka. "Agar peran infornasi dapat kita ungguli. Pesan menjadi sangat penting. Kita bekerja diruang yang sangat sempit menajamkan informasi yang sudah kita terima,"sebutnya.

Pangdam juga mengajak insan pers untuk saling bekerja sama dan saling bersinergitas dalam bekerja untuk bangsa dan negara. Karena bekerja untuk bangsa dan negara  merupakan bagian dari ibadah kepada Tuhan Yang maha Esa. Kritik dan saran dapat menjadi intropeksi bagi Kodam untuk mengarah lebih baik lagi.

"Saya sampaikan, harus berani menyuarakan kebenaran. Karena hal yang tidak positip dibuat seolah menjadi positip, pada akhirnya akan menjadi terbuka. Sampaikanlah yang benar itu benar yang salah itu salah. Tidak usah kuatir sepanjang itu benar,"tegasnya.

Pada kesempatan itu, Pangdam juga mengatakan sebagai wujud kerjasama antara Kodam dan insan media, Pangdam I/BB bersama Kapendam telah menyediakan ruangan khusus untuk pers yang dilengkapi WiFi, komputer dan area yang sejuk.

"Di media center Kodam I/BB kita sediakan juga snak ringan dan minuman seperti teh dan kopi khusus bagi awak media yang datang untuk mencari informasi seputaran pemberitaan di wilayah Kodam I/BB,"terang Pangdam.

Selain itu, Pangdam juga berencana untuk mengaktifkan lagi pelatihan menembak bagi insan pers. ",Kalau bisa sekali-sekali insan pers diberikan pelatihan menembak untuk meningkatkan ketrampilan menembak dan mengasah fokus,,"sebutnya.

Usai memberikan kata sambutan, acara dilanjutkan dengan pemberian piagam dan bingkisan kepada perwakilan media cetak, media Televisi dan media online oleh Pangdam I/BB didampingi Kasdam, Kapendam dan Wakapendam. Dan dilanjutkan dengan ramah tamah bersama seluruh wartawan yang hadir.(PP-04)

Komentar Anda

Berita Terkini