Pengurus MUI Dilantik, Syah Afandin Akan Bangun Tempat Berkumpul Ulama

harian9 author photo

 

LANGKAT | H9 
Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Langkat H Syah Afandin SH menghadiri pelantikan dan rapat kerja daerah (Rakerda) Dewan Pimpinan MUI Kabupaten Langkat  masa khidmat 2021-2026, di Jentera Malay Rumah Dinas Bupati Langkat, Stabat, Rabu (9/3/2022).

Rakerda mengusung tema "memperkokoh eksistensi MUI sebagai solusi persoalan keumatan dan kebangsaan di Kabupaten Langkat".

Pengurus MUI langsung dilantik Ketua MUI Provinsi Sumatera Utara Dr Maratua Simanjuntak. 

Susunan Kepengurusan MUI Langkat masa khidmat 2021-2026 yang dilantik adalah:

Ketua MUI Langkat H Zulkifli Ahmad Dian Lc, MA. 
Sekretaris MUI Langkat Drs Hishaq Ibrahim MA. 
Bendahara MUI Langkat H Mansur S.Ag.
Wakil Ketua MUI Langkat Dr H Saiful Abdi SH, SE, M.Pd.
Wakil Ketua MUI Langkat  Panjang Harahap. 
.L
Syah Afandin dikesempatan itu mengucapkan selamat berkhidmat kepada umat bagi pengurus MUI Langkat baru dilantik. 

Ia juga berharap ulama MUI terus membimbingnya dalam menjalankan program-program pemerintahan.

"Saya akan melanjutkan pembangunan tempat berkumpulnya para ulama yang sudah di janjikan oleh bapak Terbit Rencana PA," sebutnya. 

Serta menginginkan MUI tidak menjadi lembaga seremonial, namun benar-benar menjadi lembaga yang memperbaiki umat. 

"Saya berharap MUI dan para ulama ada posisi yang kuat  untuk memperbaiki umat," cetusnya. 

Sembari mengajak semua pihak untuk bersama bergandengan mendukung peran MUI menjalankan program yang religius di kabupaten Langkat. 

Pemerintah Kabupaten Langkat dikesempatan juga menyerah secara simbolis bantuan hibah Tahun Anggaran 2022  kepada MUI Kabupaten Langkat sebesar Rp350 juta, LPTQ sebesar Rp100 juta dan BKPRMI Rp100 juta. 

Sementara  Ketua MUI Provinsi Sumatera Utara, Dr H Maratua Simanjuntak MA berpesan pengurus MUI  Langkat harus miliki perubahan dan menjadi mitra pemerintah dan lembaga lainnya untuk membina umat.

MUI harus melayani mengayomi dan melindungi umat. 

"Hal itu termasuk tugas MUI," katanya. 

Ia juga menginginkan Komisi Fatwa mengeluarkan Fatwa disetiap tahunnya. 

"Saya minta setiap tahun harus ada Fatwa yang dikeluarkan, dan saya minta kepada ketua MUI harus mengeluarkan Fatwa di Langkat ini," pintanya. 

Sembari berharap Plt Bupati Langkat segera melanjutkan keinginan Bupati Langkat non aktif Terbit Rencana untuk membangun Kantor MUI untuk menjadi tempat berkumpulnya para ulama. 

Selanjutnya Ketua Panitia Pelantikan, Syahrizal MZ menyampaikan laporan, sebanyak 179 orang pengurus dilantik berdasarkan hasil Musda majelis yang telah dilaksanakan di Hotel Saka Medan beberapa waktu lalu. 

Syahrizal juga menyampaikan terimakasih atas dukungan Pemkab Langkat, Polres Langkat, Dandim 0203 Langkat, Kejaksaan Negeri Langkat dan semua pihak, hingga pelantikan berjalan sukses. 

Turut hadir Prof.Muhammad Hata, Dandim 0203/LKT Letkol Inf Joko Wisnu Saputro, Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok SH SIK, Kajari Langkat Muttaqin Harahap SH MH, Danyonif 8 Marinir Letkol Marinir Farick M.TR.Opsla, Danyonif Raider 100/PS Letkol Inf M Bassarewan.

Kakan Kemenag Langkat H Zulfan Efendi S.Ag M.Si, para Kepada Perangkat Daerah Pemkab Langkat, para Ormas Islam Langkat dan undangan lainnya.(WD.042).
Komentar Anda

Berita Terkini