PertamaKali, Indonesia Ikuti Paris Fashion Week Showroom 2022

harian9 author photo


PARIS| H9

Kementerian Perdagangan (Kemendag) Sabtu (19/03) merilis,  Indonesia berpartisipasi di Paris Fashion Week Showroom B2B untuk  pertama kalinya pada 4–7 Maret 2022 di Palais Brongniart, Paris. Pada keikutsertaan kali ini,  Indonesia menghadirkan dua merek lokal yaitu "SeanSheila" dengan produk tekstil fesyen ready to  wear (siap pakai) dan "JewelRocks" dengan produk perhiasan Dalam pameran tersebut, SeanSheila  dan JewelRocks menampilkan koleksi Autumn/Winter (musim gugur/dingin). 

Selanjutnya SeanSheila dan JewelRocks juga akan memamerkan koleksi Summer/Spring (musim  panas/musim semi) di Paris Fashion Week Showroom 2022 di minggu terakhir September  mendatang. Keikutsertaan Indonesia di ajang tersebut terwujud atas kerja sama Kedutaan Besar RI  di Paris dan Tokopedia. 

“Partisipasi Indonesia pada Paris Fashion Week 2022 Showroom B2B kali ini menjadi momentum  bagi kedua merek Indonesia yang masuk pada Paris Fashion Week 2022 untuk memperkenalkan  dan menunjukkan bahwa merek Indonesia siap bersaing dengan merek fesyen global.  Kementerian/lembaga terkait lainnya diharapkan dapat mengusung lebih banyak lagi keterlibatan  merek-merek fesyen Indonesia di Paris Fashion Week berikutnya,” ujar Atase Perdagangan Paris Ruth Joanna Samaria. 

Ia menyampaikan, keikutsertaan merek Indonesia kali ini pada Paris Fashion Week 2022  Showroom B2B bahkan mendapatkan sambutan dari La Fédération de la Haute Couture et de ía Mode (FHCM) yaitu organisasi resmi penyelenggara Paris Fashion Week. FHCM memberikan  atribut khusus yaitu ‘Welcome to Paris - L'Adresse Showroom for Indonesian Designers’. 

“Dengan  atribut khusus ini diharapkan dapat menarik buyer potensial dari Prancis ataupun negara sekitar  Iainnya,” tuturnya.

Menurut Ruth, kedua merek tersebut telah melalui proses kurasi langsung oleh salah satu agensi  fesyen di Paris yang menjadi mitra KBRI Paris yaitu L'Adresse Paris Agency. 

“Beberapa aspek yang  menjadi faktor penentu dalam pemilihan peserta dalam proses kurasi adalah kesesuaian dengan  selera pasar Prancis; kesiapan manajemen, finansial, dan produk; serta kesediaan berkomitmen  dan berkolaborasi dalam pelaksanaan promosi pada Paris Fashion Week 2022 Showroom untuk  dua musim,” imbuhnya.

Sekilas tentang Paris Fashion Week 2022 Showroom B2B 

Paris Fashion Week 2022 merupakan salah satu agenda terpenting dalam kegiatan promosi produk  fesyen internasional. Selain menampilkan peragaan busana, Paris Fashion Week juga memberikan  kesempatan kepada produk-produk dari luar Prancis untuk mempromosikan produknya pada Paris  Fashion Week Showroom B2B. 

Setiap tahunnya, Paris Fashion Week menjadi tuan rumah lebih dari 200 ruang pajang (showroom) produk fesyen, aksesori, perhiasan dan, gaya hidup. Beberapa negara lainnya yang turut  mempromosikan produk fesyen pada Paris Fashion Week Showroom B2B antara lain Pakistan,  India, Jepang, Korea Selatan, Arab Saudi, Portugal, dan Spanyol.  

Agenda Indonesia "Welcome to Paris — L'Adresse Showroom for Indonesian Designers" resmi  tercantum pada jadwal Paris Fashion Week 2022. Hal ini dapat memberikan informasi dan  kesempatan tampilnya desainer Indonesia pada Paris Fashion Week 2022 di hadapan audiensi  seluruh tamu/undangan Paris Fashion Week yang sebagian besar adalah buyer fesyen dan merek  internasional ataupun ritel-ritel fesyen internasional. Agenda tersebut dapat diakses melalui  tautan https://parisfashionweek.fhcm.paris/en/next-events/. 

Total perdagangan Indonesia-Prancis tahun 2021 sebesar USD.2,28 miliar atau meningkat 0,25 persen persen dibanding tahun 2020 yang tercatat sebesar USD.2,27 miliar. (WP-03/rel)

Komentar Anda

Berita Terkini