PLT Bupati Palas Buka Musrenbang RKPD Tahun 2023

harian9 author photo

 

PALAS | H9
Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Padang Lawas (Palas) gelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Kabupaten Palas Tahun 2023, kegiatan dilaksanakan di Aula Hotel Al-Marwah Sibuhuan, lingkungan VI, Padang Luar, Kelurahan Pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Kabupaten Palas. Rabu (23/03/2022).

Dalam kegiatan ini diikuti oleh seluruh Kepala dan jajaran OPD hingga Kecamatan, dan di hadiri oleh Gubsu yang diwakili oleh PLH Kadis Ketapang dan peternakan provsu., Jubir Harahap, S.Sos, M.AP. Plt Bupati Palas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, C.Ht, MM, M.Si., Sekretaris Daerah Arpan Nasution,

Selain itu Hadir dalam acara tersebut, Ketua DPRD Amran Pikal Siregar SSos i, Wakapolres Kompol JW Sijabat, Kajari Padang Lawas Teuku Herijal SH MH, Pabung Kodim 0212/TS Kapten Arh Saleh Hasibuan dan para Staf Ahli, Asisten serta para tamu undangan lainnya.

Seluruh yang hadir dan Peserta yang mengikuti kegiatan Musrenbang tetap menerapkan protokol kesehatan yang di terapkan oleh satgas pencegahan penyebaran Covid-19 Palas.

Kegiatan bertujuan untuk menyelaraskan, mengklarifikasi serta menyepakati rancangan RKPD Kabupaten, dibuka langsung Oleh Plt Bupati Palas, drg. Ahmad Zarnawi Pasaribu, C.Ht, MM. M.Si dengan di tandainya pemukulan Gong.

Laporan Ketua Panitia Triyanta Hadil Khoiri Dairiyawan, SE, M.Si, sekaligus sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Palas. Dalam laporannya melaporkan Penyelenggaraan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kabupaten Padang Lawas Tahun 2023, sebagai berikut, dengan dasar hukum. 1. Undang undang Nomor 25 Tahun 2004 Tentang Sistem Perencanaan pembangunan nasional. 2. Undang undang daerah Nomor 23 Tahun 2014 Tentang pemerintah daerah. 3. Peraturan menteri dalam negeri nomor 86 tahun 2017 tentang, Tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, Tata cara evaluasi raperda tentang RPJPD dan RPJMD, serta Tata cara Perusahaan RPJPD, RPJMD dan RKPD.

Dengan maksud dan tujuan, Pelaksanaan musrenbang yang kita laksanakan ini Merupakan tahapan lanjutan dari proses musrenbang desa yang dilaksanakan pada awal Januari dan pelaksanaan musrenbang kecamatan Gabungan yang dilaksanakan Di 5 kecamatan pada tanggal 31 Januari sampai 8 Februari 2022, serta forum perangkat daerah tanggal 24 februari 2022.

Pelaksanaan musrenbang ini dimaksudkan Untuk mendapatkan masukan dari para pemangku kepentingan Dalam rangka penyempurnaan rancangan RKPD kabupaten palas tahun 2023, melalui forum ini diharapkan dapat menyepakati hal sebagai berikut :

Menyepakati issu strategis permasalahan Pembangunan, Tema pembangunan, prioritas pembangunan, dengan jumlah peserta RKPD palas tahun 2023 sebanyak kurang lebih 75 Orang yang terdiri dari berbagai Unsur kepentingan yang ada di kabupaten palas, Pungkas Ketua Panitia Triyanta.

Di kesempatan sama Bappeda Sumut menyampaikan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan RKPD Kabupaten Palas tahun 2023, yakni 1. Menyusun substansi perencanaan dengan mempertimbangkan dampak covid-19 dan pemulihan ekonomi daerah. 2. Hasil pengendalian dan evaluasi RKPD tahun 2021 dan ketercapaian kinerja RPJMD sampai dengan tahun 2021.

3. Memberikan perhatian lebih dengan menyusun strategi efektif dalam pencapaian indikator kinerja makro dan kinerja utama serta prioritas pembangunan dalam pencapaian visi dan misi dari KDH.
4. Penyesuaian dan penajaman substansi dan indikator keluaran (output) sub kegiatan hasil pemutakhiran Coscoding yang terdapat dalam RPJMD kabupaten palas Dengan kemendagri 050-5889.

5. Memperhatikan regulasi terbaru, Seperti undang undang nomor 1 tahun 2022, tenang hubungan keuangan pusat dan daerah, kemendagri nomor 050-5889 tahun 2020, tentang hasil verifikasi, validasi dan pemutakhiran, klasifikasi, kodifikasi Dan nomenklatur, perencanaan pembangunan dan keuangan daerah pemendagri nomor 59 tahun 2021, tentang SPM.

Dalam sambutanya Plt. Bupati Padang Lawas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, M.Si dalam arahannya menyampaiakan, Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) merupakan Amanah dari Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 Tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN) Dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 Tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian Dan Evaluasi Pembangunan Daerah.

“Hasil Musrenbang Kabupaten yang dituangkan dalam RKPD yang diajukan ke Musrenbang Provinsi dan Musrenbang Nasional” tentu mengacu pada isu strategis dan RPJMD Kabupaten Padang Lawas Tahun 2020-2024 maka Tema Pembangunan Tahun 2023 yang diusung Pemerintah Kabupaten Padang Lawas adalah “Percepatan pembangunan ekonomi dan sosial masyarakat dalam pencapainan Kabupaten Padang Lawas yang bercahaya”. (WD-041)

Komentar Anda

Berita Terkini