Polres Langkat Gelar Konferensi Pers Soal Kasus Pemerkosaan Anak Di Bawah Umur

harian9 author photo

 

LANGKAT | H9
Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok SH, SIK, melalui Kabag Sumda sekaligus merangkap Waka Polres Langkat Kompol Waskita, Kanit PPA Iptu Hj.Muliani dan Kasubbag Humas AKP Joko Sumpeno, menggelar Press Rilis terkait kasus pemerkosaan terhadap anak di bawah umur berusia 17 tahun yang masih berstatus pelajar siswi SMA kelas II , warga Kecamatan Sawit Kabupaten Langkat yang terjadi Sabtu (26/02/ 2022) sekira pukul 22.00 WIB lalu, digelar di halaman Mapolres Langkat, Sabtu (05/03/2022) sekira pukul 10.30 WIB.

Dalam Press Rilis tersebut Kabag Sumda Kompol Waskita memaparkan bahwa beberapa pelaku diketahui berstatus pelajar dan masih di bawah umur dan mengamankan barang bukti  berupa, 5 (lima) unit HP android, 1 (satu) unit Sepeda Motor Honda Supra X 125 Warna Hitam Lis Biru, BK 5596 PAG, dan 1 (satu) unit Sepeda Motor Honda Vario Warna Hitam BK 5846

“Motif kasus ini memang sudah direncanakan oleh para pelaku yang melakukan penjemputan. Sementara satu orang pelaku dewasa berinisial WM, 35 Tahun, warga Kecamatan Padang Tualang Kabupaten Langkat, turut melakukan perkosaan saat melintas di lokasi kejadian,” ujarnya.

Kompol Waskita juga memaparkan pasal dan hukuman terhadap para pelaku. “Ketujuh pelaku dikenakan Pasal 81 Ayat (3) Subsi Pasal 28 Ayat (2) UU No.17 tahun 2016 tentang perubahan UU No.35 tahun 2014 tentang perubahan atas UU No.23 tahun 2022 tentang Perlindungan Anak, dengan ancaman hukuman penjara minimal 5 tahun dan maksimal 15 tahun. Saat ini seluruh pelaku sudah ditahan di RTP Polres Langkat,” paparnya

Saat ditanya wartawan terkait penanganan khusus untuk korban selanjutnya, Kompol Waskita mengatakan bahwa pihaknya sudah menghubungi Kemensos (Dinas Sosial Kabupaten Langkat) bidang khusus Perlindungan Anak untuk memberikan upaya Trauma Hraling, yakni proses penyembuhan trauma setelah apa yang dialami untuk bisa melanjutkan hidup tanpa harus dibayang-bayangi kejadian yang telah dialaminya. 

Lebih lanjut Kompol Waskita mengatakan Hari Rabu (09/03/2022) minggu depan kita juga undang Dinas Pendidikan, Bapas, Kadispora dan pihak-pihak lainnya untuk memberikan upaya agar kasus pemerkosaan  serupa tidak terjadi lagi khususnya di Kabupaten Langkat,” paparnya.

Kompol Waskita mengucapkan terima kasih atas atensi orang tua korban yang sudah melaporkan kasus ini dan mengingatkan agar pihak orang tua serta keluarga selalu berhati-hati dan terus memberikan edukasi kepada anak remajanya agar terhindar dari perbuatan atau korban pencabulan.( WD.042)

Komentar Anda

Berita Terkini