Reses di Dapil II, Ipong Dalimunthe, SE Serap Aspirasi Rakyat

harian9 author photo


TAPANULI SELATAN| H9

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) Ipong Dalimunthe, SE, melaksanakan kegiatan reses masa sidang II Tahun 2022 di Daerah Pemilihan (Dapil) II Tapsel meliputi Kecamatan Arse, Saipar Dolok  Hole (SDH) dan Kecamatan Aek Bilah Kabupaten Tapsel, yang dilaksanakan selama lima hari (7-11 Maret 2022).

Reses yang dilakukan Anggota DPRD Ipong Dalimunthe ini, yang selanjutnya hasil pelaksanaan reses DPRD Kabupaten Tapsel Tahun 2022 ini akan ditindaklanjuti sebagai usulan pembangunan di tahun 2023. 

Ada 5 lokasi di Dapil II yang menjadi  sesaran reses yakni, Dusun Huta Dolok, Desa Huta Godang, Senin (7/3/2022), Dusun Gelanggang Desa Dapparan, Selasa (8/3/2022), Dusun Lobu Sinaungan Desa Dapparan, Rabu (9/3/2022) dan Kelurahan Pasar Simangambat, Kecamatan Saipar Dolok Hole, Kamis (10/3/2022), serta Desa Tolang Kecamatan Aek Bilah, Jum'at (11/3/2022).

Total konstituen yang hadir sebanyak 400 warga, dihadiri dari elemen pemerintahan, kelompok masyarakat, kelompok pemuda dan ibu-ibu serta masyarakat umum lainnya, serta pendamping dari Sekretariat DPRD Tapsel.

Selain itu, konstituen yang hadir dalam acara tersebut juga dipastikan sehat dan bersih, dengan disediakan alat tempat cuci tangan dan diwajibkan memakai masker. Hal ini dilakukan guna meminimalisir terjangkitnya Covid-19. 

Usai Reses, anggota DPRD Tapsel Ipong Dalimunthe, SE menyampaikan, masa reses merupakan masa di mana DPRD melakukan kegiatan di luar masa sidang, terutama di luar gedung DPRD.

"Pada masa reses, para anggota dewan ini berkesempatan untuk bertemu dan menjumpai konstituen di Dapil masing-masing, tentunya sesuai dengan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 yang telah ditentukan. Hal ini dilakukan guna menjaring dan menampung aspirasi serta melaksanakan fungsi pengawasan," ujar Ipong.

Ia menambahkan, untuk pelaksanaan reses masa sidang II tahun 2022 ini dilaksanakan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kali ini setiap pelaksanaan reses di hadiri maksimal 75 konstituen dari yang sebelumnya 150 orang. Hal ini dilakukan karena efek dari wabah Covid-19 yang masih perlu diwaspadai.

"Kegiatan reses ini perlu dilakukan guna mendengarkan secara langsung aspirasi yang ada di masyarakat. Sehingga nantinya bisa diambil sebuah keputusan yang terbaik. Termasuk usulan pembangunan yang ada di daerah masing-masing. Masyarakat yang menghadiri reses DPRD juga diberi akomodasi berupa makan siang bersama," jelasnya.

Terkait dengan hasil reses, Ipong menyampaikan, pada umumnya usulan masyarakat fokus pada program pengembangan pertanian dengan peningkatan pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT) dan pembangungan akses jalan Kabupaten dan Jalan Propinsi, sebagai akses utama di wilayah Dapil II Tapsel.

"Dapil II Tapsel merupakan wilayah pertanian dan perkebunan rakyat yang harus didukung dengan kesediaan sarana insfrastruktur, baik itu irigasi, JUT dan insfrastruktur jalan untuk memudahkan akses pengangkutan hasil pertanian dan perkebunan," ujarnya.

Selain itu juga kita juga memberi himbauan kepada masyarakat di Dapil II Tapsel untuk ikut mendukung program pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19, melalui program vaksinasi dosis 2 dan dosis 3 (Booster).

"Seluruh aspirasi masyarakat yang muncul di saat reses akan kita tindaklanjuti sebagai usulan pembangunan di tahun 2023 mendatang," tutupnya. (WD.014)


Komentar Anda

Berita Terkini