RSUD Pirngadi Medan Tetap Standby-kan 80 Ruangan dan 20 ICU untuk Pasien Covid-19

harian9 author photo

 

MEDAN| H9
Tren kasus Covid-19 di Medan mengalami penurunan. Begitupun, RSUD dr. Pirngadi Medan tetap menyiapkan 80 ruangan dan 20 ICU khusus untuk pasien Covid-19.

"Pasien Covid-19 kita tinggal 8 orang per 14 Maret. Meskipun kasus turun, kita tetap standby-kan 80 ruangan dan 20 ICU sesuai pesan Pak Gubernur dan Pak Wali Kota, untuk mengantisipasi jika terjadi lonjakan," kata Direktur RSUD dr. Pirngadi Medan dr. Syamsul Arifin Nasution, SpOG kepada wartawan, Rabu (16/3/2022).

Pihaknya belum berani mengalihkan ruangan yang diperuntukkan untuk pasien Covid-19 ke pasien noncovid-19. "Belum berani kita alihkan, manatahu kasus naik lagi. Tapi, mudah-mudahan jangan naik lagi kasusnya," harapnya.

Dengan menurunnya kasus Covid-19, maka jumlah kunjungan pasien noncovid-19 baik rawat inap dan jalan mulai naik. 

"Pasien rawat inap BPJS Kesehatan kita 90 orang, biasanya di bawah 80 orang. Pasien Rawat jalan kita capai 200 orang lebih, mulai ada peningkatan jumlah kunjungan rawat jalan dan inap, walaupun tidak signifikan kali," imbuhnya.

Dia mengakui masih ada ketakutan masyarakat untuk berobat ke rumah sakit. Sebab, isu yang berkembang di masyarakat berobat ke RS takut dicovidkan. "Imej masyarakat takut dicovidkan, padahalkan tidak. Ini yang membuat masyarakat takut berobat ke RS," tutupnya. (rel/PP-04)

Komentar Anda

Berita Terkini