cari


 

Seni Tari & Drum Band SMPN 2 Panyabungan Masuk Seleksi Tampil Di-Hut Madina 23 Tahun

harian9 author photo

 

MADINA| H9
Perayaan hari jadi kabupaten Mandailing Natal (Madina) Provinsi Sumatera Utara yang ke 23 Tahun pada 9 maret 2022 mendatang, anak didik Sekolah Menengah Pertama Negri (SMPN) 2 Panyabungan punya kesempatan mempertunjukan seni tari dan Drum Band.

Hal itu dikatakan oleh Muhammad Idris Harahap, selaku kepala bidang kebudayaan dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Madina kepada wartawan, rabu (2/4/2022). Dirinya (Idris) mengaku sudah melakukan seleksi penampilan anak-anak didik dari SMPN 2 Panyabungan.

"Iya saya selaku yang mewakili Dinas Pendidikan Madina dan saudara Sumitro Nasution alias bunk Long Nasaktion selaku ketua Forum Adat Budaya Madina sudah melakukan seleksi penari budaya mandailing dan Drum Band di sekolah SMPN 2 Panyabungan." kata Idris.

Menurutnya (Idris), penampilan anak-anak siswa-siswi SMPN 2 Panyabungan sudah layak tampil di perayaan Hut Madina yang ke-24 Tahun dan sudah saatnya menonjolkan seni budaya Mandailing kepada Publik.

"Ini suatu kebanggaan bagi masyarakat Mandailing Natal, dimana perayaan hari jadi kabupaten Madina ini kita punya kesempatan untuk menunjukan seni budaya kita kepada publik karena kita punya ciri khas budaya." Bebernya

Hal senada yang di utara Sumitro Nasution alias Bung Long Nasaktion, menurutnya penampilan seni-seni budaya Mandailing sudah saatnya ditunjukan kepada dunia bahwa mandailing memiliki ciri khas budaya yang unik dan kreatif.

" Persiapan kita dalam menyambut hari jadi Madina yang ke-23 Tahun alham dulillah kita fokus menampilkan seni budaya kita seperti Gordang Sambilan totor Parompa Sadun dan tari-tari khas Mandailing dan sudah saatnya kita bangkitkan kesenian khas Mandailing kepada Publik." tutur Long.

Kepala sekolah SMPN 2 Panyabungan Drs.Rizal Efendy Lubis merasa bersyukur dan sangat bangga bisa diunjuk untuk penampilkan keterampilan anak-anak SMPN 2 Panyabungan dalam perayaan hari jadi Kabupaten Mandailing Natal.

"Syukur Alhamdulillah kita bisa menunjukan suatu kreasi anak-anak kita dari SMPN 2 Panyabungan, semoga dengan adanya pertunjukan-pertunjukan kepandaian seni budaya madina di hari-hari besar, kedepannya kita Harap kearifan lokal Madina semakin dicintai masyarakat luas."timpalnya.(WD-046)
Komentar Anda

Berita Terkini