Tingkatkan SDM, Pemkab Palas Tanda Tangan Perpanjangan Kerjasama Dengan PTDI-STTD

harian9 author photo

 

PALAS | H9
Demi meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) ke depan, Pemerintah Kabupaten Padang Lawas (Pemkab Palas) menghadiri Rapat Koordinasi  (Rakor) Pola Pembibitan (Polbit) Pemerintah Daerah sekaligus menandatangani perpanjangan berita acara Memorandum of Understanding (MoU) dengan Politeknik Transportasi Darat Indonesia - Sekolah Tinggi Transportasi Darat (PTDI- STTD) Rapat koordinasi ini diselenggarakan di Hotel Marriott, Jalan Ring Road Utara, Condongcatur, Kabupayen Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Selasa. (29/03/2022). 

Dengan tujuan Pemkab Palas mempercepat terpenuhinya pemenuhan kebutuhan sumber daya manusia di bidang perhubungan darat yang berkompeten di wilayah Kabupaten Palas. 

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) melalui Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Darat (PPSDMPD) menggelar Rapat Koordinasi bersama dengan stakeholder sebagai wahana konsolidasi antara Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI- STTD) dan daerah mengenai pola pembibitan bagi taruna. 

"Melalui kerja sama antara Pemerintah Daerah Kabupaten Padang Lawas dengan PTDI-STTD. Kemarin kami telah melakukan penandatangan dengan Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Darat Drs. Nahduddin, M.Sc. dimana Berita Acara Kebutuhan Jumlah SDM Perhubungan Padang Lawas dengan PTDI-STTD  yang telah disepakati sebanyak 31 formasi untuk kebutuhan 5 tahun mendatang”, Demikian Disampaikan oleh Setdakab Palas Arpan Nasution, S.Sos. Rabu. (30/03/2022).

“Dengan adanya program Pola Pembibitan ini, kami berharap pembangunan SDM khususnya di bidang transportasi, dapat memenuhi kekurangan SDM bidang perhungan di kabupaten Padang Lawas, sesuai dengan program Nawa Cita pembangunan nasaional yang dicanangkan Pemerintah”, jelas setdakab palas Arpan.

Atas nama Pemerintah Daerah Kubupaten Padang Lawas mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Direktur PTDI-STTD beserta seluruh jajarannya atas terlaksananya penandatanganan nota kesepahaman bersama ini.

“Kami akan terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat di bidang tranportasi darat di masa datang, salah satunya penyediaan SDM melalui kerjasama dengan STTD,” ungkap Sekda Arpan.

lanjut setdakab Oleh karena itu, Ia berharap sinergitas antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas serta kuantitas SDM Transportasi dapat berjalan lebih baik melalui program pola pembibitan ini. Pungkas Arpan Nasution, S.Sos.

Sementara Kepala BKPSDM Palas Adi Putra Halomoan Hasibuan, S.Si, M.Si juga mengatakan “berkat dukungan yang baik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MENPAN RB) dalam meningkatkan kualitas SDM Transportasi di Kabupaten Padang Lawas sejak tahun 2018 melalui program Pola Pembibitan daerah telah berjalan dengan baik”. Kata Adi

Hal itu, ditambahkan kadisperkimhub Palas Ronny Syaiful, S.Sos, MM menjelaskan, bahwa dengan tersedianya SDM transportasi yang memiliki pengetahuan yang memadai, keterampilan yang mumpuni, kompetensi yang andal serta perilaku yang terpuji, maka pembangunan di bidang transportasi dapat terwujud dan membawa manfaat yang lebih baik pada sektor transportasi di Kabupaten Padang Lawas.

 “Sebagaimana diketahui, saat ini BPSDMP telah membuka pendaftaran calon taruna (SIPENCATAR) melalui jalur Pola Pembibitan Kementerian Perhubungan dan Pemerintah Daerah dengan total sejumlah 3.210 formasi.

Hal ini merupakan salah satu upaya Kementerian Perhubungan dalam rangka pencarian bibit unggul dari lulusan SMA atau sederajat untuk bergabung menjadi calon perwira transportasi dengan mengikuti pendidikan di perguruan tinggi di lingkungan BPSDMP Kementerian Perhubungan, dimana setelah lulus akan diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN)”, Jelas Ronny.

Dengan upaya Pemkab Palas menjalin kerjasama dengan PTDI-STTD ini, sebagai sebuah langkah strategis dan tepat, serta langkah yang diambil oleh Pemkab Palas, karena nilainya sangat bermanfaat untuk penyediaan sumberdaya manusia, khususnya SDM di bidang perhubungan darat dan lainya di masa datang. Ujar Kadisperkimhub Palas.

“Langkah kerjasama ini sangat tepat, dan PTDI-STTD siap membantu penyedian SDM bagi putera daerah,” papar Ronny.

Mengenai Pola Pembibitan yang telah dilaksanakan, Supriyo, S.Tr selaku Kasi Sarpras Disperkimhub Palas menyampaikan bahwa Hingga saat ini pemkab padang lawas telah membibitkan SDM untuk bidang Perhubungan sebanyak 14 orang Putra Daerah Kabupaten Padang Lawas, dimana sudah meluluskan 2 orang yang sekarang sudah bekerja di instansi Dinas Perkimhub Kabupaten Palas Kita Ini.

Selama ini, banyak kasus PNS yang ditugaskan di Kabupaten Padang Lawas dijadikan batu loncatan dengan mutasi ke luar daerah. PNS batu loncatan itu tentu berdampak terhadap pelayanan kepada masyarakat. Padahal, sumpah PNS sebagai pelayan masyarakat dan siap ditugaskan dimana saja untuk melaksanakan program- program pemerintah. Terang Supriyo.


Menurut Supriyo, setelah penandatanganan perjanjian kerjasama ini, maka pemkab Palas akan membuka peluang bagi putera daerah asal Palas untuk menempuh pendidikan di PTDI-STTD.

Sehingga, ini kesempatan dan peluang besar bagi putera daerah menjadi taruna dan taruni PTDI-STTD,” ujarnya.

Tak lupa Kabid Mutasi BKPSDM Palas, Reski Rantonika, S.STP. menimpali Oleh karena itu, dengan dibentuknya kerjasama antara PTDI-STTD dengan Pemkab Daerah Kabupaten Padang Lawas guna menyeleksi Putra putri Daerah Padang Lawas untuk di didik yang selanjutnya akan menjadi ASN Padang Lawas, maka hal ini jelas meminimkan peluang Pindah ASN tersebut, karena mereka adalah putra daerah asli “ ujarnya menimpali.

Usai bertatap muka dalam rakor tersebut Setdakab Palas Arpan Nasution, S.Sos, bersama Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Darat Drs. Nahduddin, M.Sc, mereka melakukan perpanjangan berita acara penandatanganan MoU Pemkab Palas dengan PTDI -STTD. Dengan Nomor berita acara MoU. Nomor : BA 33 PPSDMPD 2022.

Sedangkan yang hadir dalam Rakor tersebut dan tanda tangan kerja sama PTDI-STTD itu, hadir Plt Bupati Palas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, C.Ht, MM, M.Siyang diwakili oleh Seketaris daerah Kabupaten Padang Lawas. (Sekdakab Palas) Arpan Nasution, S.Sos., didampingi Kepala Badan Kepegawaian Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Palas, Adi Putra Halomoan Hasibuan, S.Si., M.Si., Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Perhubungan (Kadisperkimhub) Palas, Ronny Syaiful, S.Sos, MM., Kabid Mutasi BKPSDM Palas Reski Rantonika, S.STP. dan Kasi Sarpras disperkimhub Palas, Supriyo, S.Tr. (WD-041)

Komentar Anda

Berita Terkini