Aliran Sungai Batang Natal Diperbaiki Warga Sukarela, Antisipasi Dampak Banjir

harian9 author photo


 MADINA| H9
Saudara NASIR pemilik UD.NASIR Warga desa Ampung Siala Kecamatan Batang Natal Kabupaten Mandailing Natal (Mandailing Natal) melakukan pengerukan aliran sungai batang natal sepanjang kurang lebih 1500 Meter. 

"Kegiatan ini terlaksana  tidak terlepas dari dukungan bapak kepala desa Serta beberapa kawan warga desa Ampung Siala lainnya sebab pelurusan aliran sungai ini sudah berjalan selama 30 hari."ungkap Nasir warga Desa Ampung Siala Kecmatan Batang Natal Madina kepada Wartawan, Kamis (31/3/2022).

Dengan suka rela, Nasir Mengaku biaya yang dikeluarkan perhari sebesar Rp10.000.000 (Sepuluh Juta Rupiah) untuk pengerukan atau pelurusan Sungai Batang Natal tepatnya di Kawasan Desa Ampung Siala Kecamatan Batang Natal.

" Memang disepanjang aliransungai Batang Natal di kawasan Desa Ampung Siala banyak titik badan sungai yang tersumbat akibat bekas penambangan masyarak dan lobang lobang yang mengagah bisa nantinya menimbulkan dampak bagi masyarakat Ampung Siala apalagi di saat curah hujan yang tinggi maka perlu kita perbaiki." beber Nasir.

Dengan pengerukan dan pelurusan aliran sungai batang natal, banyak Warga desa Ampung Siala Kecamatan Batang Natal Madina sangat bersyukur karena menurut mereka jika aliran sungai di perbaiki setidaknya musimbanjir akan berkurang jika musim hujan.

"Kami sangat bersukur atas pelurusan aliran sungai di sepanjang Desa Ampung Siala yang dikerjakan oleh bapak NASIR secara Suka Rela karna sebelumnya kami di Rumah sudah sering terendam banjir akiban luapan dari sungai disaat musim hujan." timpal Mawardi Lubis, Warga Ampung Siala Lainnya.

Ditempat terpisah, hal yang senada dituturkan oleh Kapolsek dan Camat Batang Natal  terkait pekejaan yang di laksanakan oleh NASIR, mereka dengan jelas atas nama Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Batang Natal sangat mengapresiasi dan sangat mendukung kegiatan perbaikan bantaran Sungai Batang Natal.

"Sangat berterimakasih kepada Niat Mulia Saudara NASIR yang ikut serta membantu kami Memikirkan dampak dampak negatip terhadap Masyarakat desa ampung siala di masa yang akan datang." Ujar Akp.Jalal Kapolsek Batang Natal.(WD-046)

Komentar Anda

Berita Terkini