Antusias Masyarakat Dibukanya Pasar Mitra Tani Dan UMKM Ekspor Di Kantor Karantina Medan

harian9 author photo


 DELISERDANG| H9
Kementerian Pertanian melalui Karantina Pertanian Medan menggelar Pasar Mitra Tani dan UMKM Ekspor yang gunanya membantu masyarakat sekitar yang dilaksanakan di Kantor Karantina Pertanian Medan di Dusun Lestari Pasar V Kebun Kelapa Kualanamu Deliserdang Sumatera Utara (26/02/2022).

Sesuai arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Kepala Badan Karantina Pertanian agar pemerintah membantu dan menyediakan pangan bagi seluruh rakyat merupakan salah satu tujuan pembangunan pertanian yang diemban pihak Kementan. Pihaknya mengimbau seluruh jajaran untuk memastikan ketersediaan bahan pangan pokok tersebut. Salah satu caranya, dengan memantau pasar tradisional serta berkolaborasi dengan pemerintah daerah setempat melalui kegiatan Pasar Mitra Tani.

Sebelumnya juga Dirjen Prasarana Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) Ali Jamil dan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara telah membuka Pasar Mitra Tani pada tanggal Tujuh Belas April Dua Ribu Dua Puluh Dua dengan mengunjungi sejumlah pasar tradisional di Lapangan Pertiwi Kelurahan Brayan Kecamatan Medan Barat, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

"Pasar Mitra Tani dan UMKM Ekspor sengaja digelar untuk melanjutkan program pemerintah dengan harapan masyarakat secara mudah mendapatkan bahan pangan pokok dengan harga terjangkau, aman dan tercukupi ketersediannya, serta memperkenalkan produk - produk unggulan UMKM Ekpor di Sumut," ujar Kepala Karantina Pertanian Medan Lenny Hartati Harahap dalam sambutannya.

"Karantina Pertanian Medan dan Dinas Pertanian Kabupaten Deliserdang  serta stakeholder terus bekerja dengan memberi perhatian dalam upaya pengadaan bahan pangan pokok kepada masyarakat dengan mudah dijangkau dan berharga murah," tambahnya.

Gelar Pasar Mitra Tani dan UMKM Ekspor dilaksanakan satu hari dan hal ini merupakan kolaborasi petani dan ekspor dalam menjaga ketersediaan pangan lokal sekaligus memperkenalkan potensi UMKM Ekspor dari Sumut," ucapnya lagi.

Kadis Pertanian Deliserdang Rahman Saleh mengatakan melalui Pasar Mitra Tani dan UMKM Ekspor, penjualan bahan pangan pokok kepada masyarakat sangat membantu dan salah satunya juga untuk mendukung program pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat," tuturya.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pengguntingan pita tanda dibukanya Pasar Mitra Tani dan UMKM Ekspor serta peninjauan  bahan - bahan pokok yang akan dijual kepada masyarakat. Kegiatan juga dihadiri CEO Garuda Indonesia, Kesehatan Pelabuhan (KKP), Beacukai, Camat dan Kepala Desa Beringin serta masyarakat sekitarnya.(PP-04)
Komentar Anda

Berita Terkini