Cara Merawat Celana Berbahan Denim Biar Awet

HARIAN9 author photo
 

MEDAN| H9
Celana terbuat dari berbagai bahan, salah satunya bahan denim. Denim sendiri terbuat dari material kain kuat dari bahan cotton twill dengan permukaan seperti karpet, namun denim lebih tipis dan halus. Celana denim memiliki banyak warna sehingga bisa disesuaikan dengan selera, pastikan Anda merawat bahan denim agar awet.

Biar Awet, Lakukan Ini Pada Celana Denim Anda
Mengingat celana denim menjadi celana favorit, pastikan Anda merawatnya agar awet. Anda bisa mengikuti cara berikut, dijamin mudah dan tak mengganggu kegiatan Anda:

1.   Bijak dalam Mencuci
Celana denim berbeda dengan bahan celana lain yang mengharuskan Anda bijak mencuci celana. Celana denim, usahakan jangan sering dicuci sehingga warnanya awet. Jika celana digunakan hanya beberapa jam saja, Anda bisa mencucinya sekitar 2 sampai 3 hari. Alasannya karena celana tidak kotor sehingga tak harus dicuci sekarang juga.

Tetapi, jika hanya sehari celana denim sudah kotor bisa bisa dicuci dengan ketentuan berikut. Rendam celana denim di dalam air yang telah dicampur garam selama satu jam, barulah Anda cuci secara terpisah dari pakaian lain. lain

2.  Menggunakan Air Dingin
Mayoritas orang menggunakan air panas atau hangat saat merendam pakaian, alasannya agar kotoran yang menempel di pakaian cepat hilang. Namun, celana denim tidak boleh menggunakan air panas membuat warnanya pudar. Sebaiknya menggunakan air dingin agar warnanya tidak mudah pudar.

Untuk celana denim yang baru dibeli, tambahkan dua sendok makan garam. Tujuannya untuk mengikat warna celana denim, alhasil warnanya tak mudah pudar.

3.   Hindari Pemutih
Jika ingin celana denim awet, jauhkan dari pemutih karena pemutih mampu memudarkan warna denim. Bahkan jika digunakan jangka panjang bisa merusak bahan dan serat denim. Walaupun celana denim terkena noda, cukup gosok perlahan di bagian yang terkena noda dengan sabun. Anda bisa menggunakan sabun colek maupun sabun mandi.

Walaupun celana denim Anda berwarna putih, tetap hindari pemutih agar warnanya tak mudah pudar. Pasalnya jika diberikan pemutih, warna berubah kekuningan dan membuat celana denim tidak layak pakai.

4.    Keringkan Secara Alami
Saat musim hujan, mayoritas orang menggunakan mesin pengering agar pakaian cepat kering. Namun, celana denim disarankan menjauhi mesin pengering. Lebih baik dikeringkan secara alami di bawah sinar matahari, jika tak ada sinar matahari bisa diinginkan di luar rumah.

Walaupun cara tersebut membuat celana denim terasa kaku, tinggal diamkan beberapa karena akan kembali lembut.

5.   Cuci Menggunakan Tangan
Cara merawat bahan denim selanjutnya adalah mencuci dengan tangan. Walaupun Anda sibuk, sempatkan mencuci celana denim sehingga tetap awet. Mencuci manual membuat 
celana denim menjaga kualitas serat dan warna denim.

6.  Semprotkan dengan Cuka
Sejatinya, cuka tak hanya untuk makanan karena fungsinya banyak. Salah satunya membersihkan celana denim, walaupun cuka memiliki aroma kurang sedap tetapi kandungannya mampu membersihkan noda pada celana denim. Bahkan cuka bisa menghilangkan bau tak sedap pada celana setelah dipakai beberapa waktu.

7.  Menggunakan Uap
Sebagian orang membersihkan celana denim dengan cara di uap. Umumnya, ada alat pengukus pakaian khusus yang bisa digunakan. Dijamin celana denim kembali bersih dan memberikan kenyamanan saat dipakai.

Sayangnya tak semua orang memiliki alat uang pakaian, ada alternatif tepat agar celana denim kesayangan mendapatkan uang tersebut. Anda bisa mendidihkan air dan letakkan celana denim di atas air mendidih tersebut. Otomatis, celana denim terkena uapnya dan bau tak sedap pada celana hilang.

Bahkan, air panas tersebut mampu menghaluskan bahan denim. Anda bisa memakai celana denim untuk berbagai kegiatan dan penuh percaya diri karena celananya bebas dari noda dan halus.

Mengenal Jenis-jenis Kain Denim
Walaupun celana denim lebih baik keringkan secara alami, tetapi tetap populer. Bahkan bahan denim bisa menunjang penampilan wanita maupun laki-laki. Untuk menambah wawasan, ada jenis kain denim yang harus diketahui:

Raw denim atau dry denim
Jenis raw denim yang dikenal dry denim termasuk celana denim yang belum pernah basah dan dirawat dengan cara apapun sebelum dibeli. Celana tersebut bisa dibiarkan tanpa cela sekitar 6 bulan sampai satu tahun, yang terpenting sampai sesuai bentuk tubuh Anda.
Sebelum Anda memakai celana jenis tersebut, pastikan mencuci terlebih dahulu. Tujuannya agar nyaman digunakan dan terhindar dari gatal-gatal penyebab debu yang menempel pada celana karena lama tidak digunakan.

Denim stretch
Sementara denim stretch termasuk bahan yang terbuat dari katun campuran serat sintetis melar. Misalnya lycra atau yang dikenal spandek yang memberikan efek peregangan. Pastinya bahan tersebut bisa digunakan sebagai jenis celana skinny jeans atau celana jeans untuk wanita.

Colored denim
Jenis colored denim memiliki warna biru atau dengan nuansa menyerupai biru dengan pencapaian melalui pewarnaan nila. Pewarna belerang tersebut menciptakan warna lain pada bahan denim, diantaranya hijau, merah, hitam, merah muda, abu-abu dan warna lainnya.

Keragaman jenis bahan denim membuat masyarakat menjadikan celana denim sebagai celana andalan. Anda bisa memakainya untuk bersantai di rumah maupun saat bepergian, untuk mendapat celana sesuai selera bisa membeli secara online melalui Blibli.

Blibli adalah marketplace terpercaya di Indonesia yang menyediakan celana denim berbagai model, Anda bisa memilih sesuai ukuran tubuh dan warna favorit. Selain itu, banyak produk berkualitas yang bisa dibeli, baik makanan, peralatan rumah tangga dan lainnya dengan harga kompetitif dan foto orisinil. Anda juga bisa membeli jeans yang tersedia di Blibli, salah satunya jeans dari Planet Surf karena menyediakan produk berkualitas tinggi.

Celana denim yang disediakan Blibli adalah produk unggulan dari para penjual terpercaya. Anda bisa berkonsultasi dengan penjual melalui menu chatting dan menanyakan cara merawat bahan denim, penjual akan menjawab atau memberikan saran yang tepat. Selain itu, metode pembayarannya beragam sehingga bisa dipilih sesuai keinginan. Proses pengirimannya pun mudah dengan packing yang aman untuk melindungi produk aman sampai di tangan Anda.(rel/PR-01)


Komentar Anda

Berita Terkini