Jajaran Forkopimda Aceh Tamiang Laksanakan Safari Ramadhan

harian9 author photo

 

ACEH TAMIANG | H9
Jajaran Forkopimda Aceh Tamiang laksanakan Safari Ramadhan 1443 H tahun 2022. Kegiatan silaturahmi tersebut berlangsung di Mesjid Al Hidayah, Kampung Bandar Mahligai, Kecamatan Sekerak, Kabupaten Aceh Tamiang pada rabu (06/04/2022). 

Mewakili Bupati Aceh Tamiang Mursil SH MKn, selaku Ketua Tim Safari Ramadhan Dandim 0117/Aceh Tamiang Letkol Czi.Alfian Rachmad Purnamasidi, S.IP, MSI mengatakan, kami merasa bangga dan gembira dapat berkumpul bersama para jama'ah sekalian pada malam Ramadhan yang berkah ini. Keberadaan rombongan Safari Ramadhan Pemerintah kabupaten Aceh Tamiang di Mesjid ini, merupakan upaya untuk memupuk jalinan silaturahmi, antara Pemerintah dengan masyarakat. Kegiatan ini merupakan langkah untuk membangun ukhuwah Islamiyah, sehingga diharapkan dapat membangun hubungan yang harmonis antara Pemerintah, Ulama dan Masyarakat di dalam Kabupaten Aceh Tamiang,"jelasnya.

"Ramadhan merupakan salah satu anugerah dan rahmat Allah SWT kepada hamba-hamba-Nya yang beriman, sebab dalam bulan Ramadhan terdapat berbagai keistimewaan, seperti pahala ibadah yang dilipat gandakan, dosa yang diampuni dan banyak lagi keberkahan lainnya. Oleh karena itu, mari kita manfaatkan momen Ramadhan tahun ini untuk meraih pahala dan menjadi orang yang bertagwa kepada Allah SWT. 
Dengan berpuasa kita bisa mengenal kesengsaraan orang lain dan merasakan bagaimana nasib saudara kita yang mengalami Kelaparan dan kehausan.

"Di bulan yang penuh berkah ini, mari bersama-sama kita menjaga kesucian bulan Ramadhan dari berbagai bentuk penyakit masyarakat tanpa kemauan yang kuat dan kesabaran, maka tidak mustahil banyak yang berusaha untuk membatalkan puasa.

"Hasil berpuasa selama satu bulan penuh di harapkan dapat membuat kita menjelma menjadi insan yang mampu mengendalikan diri menjadi orang yang sehat jasmani dan rohani, selalu mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah SWT," ucap Dandim. 

Sementara itu Ustadz Baharuddin, SHI,MHI dalam ceramahnya mengatakan, perlu diketahui bahwa pahala memberi makan kepada orang yang berpuasa adalah sebesar pahala orang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang yang diberi makan itu. Bahkan menurut Ahmad Zarkasih, Lc dalam buku Saku Ramadhan tertulis, pahala itu tetap didapat meski hanya mampu memberi sebutir kurma atau seteguk air putih saja. Tapi, tentunya lebih utama bila dapat memberi makanan yang cukup dan bisa mengenyangkan perutnya,"terangnya.

"Adapun  pelaksanaan taubat menurut Imam Ghazali dalam kitab  disebutkan,  mensyaratkan pada empat hal yakni benar-benar berniat meninggalkan perbuatan dosa untuk tidak akan pernah mengulanginya. Bertaubat dari perbuatan dosa yang sudah pernah ia lakukan sebelumnya.Dosa yang dahulu pernah dilakukan harus dihindari pengulangannya dengan cara mengabaikan kesempatan untuk berbuat dosa yang sama levelnya meskipun berbeda modelnya. Upaya meninggalkan pengulangan dosa yang pernah dilakukannya dengan diniatkan semata-mata untuk mengagungkan nama Allah serta menjauhi murka dan siksanya,"terang Ustadz Baharuddin. 

Usai penyampaian ceramah dilanjutkan penyerahan bantuan oleh Komandan Kodim 0117/Aceh Tamiang Letkol Czi.Alfian Rachmad Purnamasidi, S.IP, MSI.  berupa uang sebesar Rp. 10 juta dari Baitul Mal Kabupaten Aceh Tamiang yang diberikan secara simbolis kepada Badan Kemakmuran Masjid ( BKM ) Al Hidayah Kampung Bandar Mahligai, Kecamatan Sekerak, Kabupaten Aceh Tamiang.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Kapten Inf. M.Lumban Raja, Pasi Intel Kodim 0117/Aceh Kapten Inf.Surono Patra. Da'i perbatasan Ustadz Baharuddin, SHI. MHI, Ketua MAA Kabupaten Aceh Tamiang Drs. A.Muin, Staf ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Drs. Sepriyanto. Kabag Kesra dan Keistimewaan Aceh Setdakab Aceh Tamiang Yetno,S.Pd.
Kabag Hukum Setdakab Aceh Tamiang Dahliz Ahliana, SH, MH. Camat Sekerak M. Ilham Malik, S.STP. Kabid Bina Hukum dan  SDM Dinas Syriat Islam Kabupaten Aceh Tamiang M.Fauzi, S.Ag,MA, Datok Penghulu Kampung Bandar Mahligai  M.Budiman. (WD-013). 

Komentar Anda

Berita Terkini