Jalin Silaturahmi, Penutupan Safari Ramadan Pemkab Palas Buka Puasa Bersama di Masjid Al-Khuldi Kecamatan Barumun

harian9 author photo

 

PALAS | H9

Pemerintah Kabupaten Padang Lawas (Pemkab Palas) melalui Tim Safari Ramadan 1443 H / 2022 M di hari terakhir melaksanakan silaturahmi sekaligus berbuka puasa bersama di Halaman Samping Masjid Al-Khuldi, Desa Bangun Raya, Kecamatan Barumun, Kabupaten Palas, Sabtu. (23/4/2022). 

Kegiatan tersebut dihadiri Plt Bupati Palas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, C.Ht, MM, M.Si, diwakili oleh Kepala BPBD Palas, Amit Hadi Nasution turut didampingi oleh Anggota DPRD Palas Dapil 1 kecamatan Barumun, Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik, Sekretariat DPRD, Inspektorat Daerah, Kadis Kesehatan, Kadis Sosial, Satpol PP dan Damkar.

Selain itu juga turut terlihat hadir, Kadis Kesehatan dr. Ummy Sahara Matondang, Dinas Sosial, Kadis Dukcapil Nelly Suriyani Hasibuan, Kabag Kesra, Kabag Administrasi pemerintahan, kabag hukum, Dan unsur kemenag, serta Diskominfo kabupaten Palas, Pengurus Masjid, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan masyarakat setempat.

Kegiatan diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur`an yang dilanjutkan dengan sambutan, Plt camat Barumun, dan sambutan Plt Bupati Palas yang dibacakan oleh kepala BPBD Palas.

Kemudian, diisi dengan tausiyah yang disampaikan oleh H Sehat Muda Hasibuan, Lc, MA serta pembagian santunan kepada Anak yatim dan lainnya sebelum buka puasa bersama.

Plt Bupati Palas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, C.Ht, MM, M.Si, diwakili oleh Kepala BPBD Palas, Amit Hadi Nasution Saat membacakan dan mengawali sambutan ini, saya ingin mengajak kita semua, untuk memanjatkan puji dan syukur kehadirat allah subhanahu wata'ala, karena atas rahmat dan karunianya, kita dapat berkumpul bersama, dalam acara safari ramadhan 1443 hijriyah pemerintah kabupaten padang lawas yang pada hari ini di pusatkan di kecamatan barumun.

Shalawat beriring salam tidak lupa kita hadiahkan kepada junjungan kita nabi besar muhammad saw dengan lafadz allahumma sholli ala sayyidana muhammad wa'ala ali sayyidana muhammad. semoga kita semua mendapat syafaatnya di yaumil akhir nanti.

Dalam sambutan ini, atas nama pemerintah kabupaten padang lawas juga atas nama pribadi, saya menyampaikan ucapan selamat menunaikan ibadah puasa 1443 hijriah tahun 2022 masehi, kepada saudara-saudaraku seaqidah umat muslim kabupaten padang lawas, semoga ibadah di bulan suci ramadhan ini akan membawa keberkahan, kebahagiaan, kedamaian, dan kesejahteraan bagi seluruh umat muslim dalam menjalani kehidupan dianugerahkan oleh sang pencipta. yang di bulan ramadhan, bulan yang mulia ini saya mengajak kepada kita semua, untuk terus meningkatkan pengabdian, semangat dan kemampuan susuai dengan peran dan tanggung jawab kita masing-masing untuk dapat lawas mewujudkan yang kabupaten beriman, cerdas, padang sehat, sejahtera dan berbudaya (bercahaya).

Selain itu saya juga mengajak mari berdoa bersama supaya pandemi covid-19 ini diangkat oleh allah swt. namun do'a yang kita panjatkan juga harus diiringi dengan usaha, yaitu selalu menjaga protokol kesehatan dan juga melakukan vaksinasi. baik vaksin i, vaksin ii, maupun vaksin lanjutan (booster), mari kita sama-sama mendukung program vaksinasi yang telah dicanangkan pemerintah pusat. 

Safari ramadhan yang kita laksanakan pada bulan ramadhan ini adalah sebagai ajang silaturrahim antara sesama muslim. barangkali selama ini bapak-ibu mempunyai banyak kesibukan, sehingga belum memiliki waktu untuk bersilaturahmi bersama kami, begitupun sebaliknya, kami juga belum sempat mengunjungi bapak-ibu, untuk itu melalui safari ramadhan ini, kita bisa duduk bersama-sama, sekaligus permasalahan-permasalahan bersama membicarakan yang ada. saudara-saudara kepala dinas yang hadir pada kesempatan ini saya yakin kita bisa mencari jalan keluar setiap permasalahan yang ada. 

Disamping itu, safari ramadhan ini memiliki yang sangat individu konstruktif maupun bagi sosial. efek kehidupan sebagaimana dianjurkan oleh rasulullah, silaturrahim memiliki banyak manfaat. diantaranya adalah memperpanjang usia dan memperbanyak rezeki bagi yang melakukannya. seperti hadits rasulullah saw. "barang siapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung silaturrahim" (hr. bukhari).

Dalam kesempatan ini perlu juga kami sampaikan bahwa pemerintah kabupaten padang lawas melalui keputusan bupati padang lawas nomor 900/133/kpts/2022, tentang penerimaan bantuan sosial kepada imam dan khatib, bilal mayit, guru mengaji, guru mda dan anak yatim dengan anggaran 545.200.000 (lima ratus empat puluh lima juta, dua ratus ribu rupiah). Untuk kecamatan Barumun.

Selain itu juga ada bantuan berupa ambal atau sajadah sesuai dengan kecamatan yang dikunjungi pada safari ramadhan ini. mudah-mudahan bantuan ini dapat bermanfaat dan dapat dipergunakan sebaik-baiknya.

Dengan memperbanyak amal soleh, karena bulan ramadhan adalah ajang perbaikan bagi kita semua.

Semoga allah subhana wata'ala, tuhan maha esa, senantiasa meridhoi yang seluruh pengabdian kita pada masyarakat, bangsa, dan negara.

Inilah beberapa hal yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini, selanjutnya marilah tausyiah kita sama-sama yang akan mendengarkan disampaikan oleh almukarrom ustadz h. sehat muda, lc, ma sebelum mengakhiri sambutan ini saya berpesan kepada kita semua untuk menjadikan ramadhan tahun ini sebagai ajang transformasi kesadaran (ruhaniyah) agar kita lebih peka dan peduli pada sesama, demikian sambutan Plt Bupati Palas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, C.Ht, MM, M.Si yang disampaikan melalui Amit Hadi Nasution, selaku kepala BPBD Palas.

Sementara itu Kadis Sosial Kabupaten Palas Achmad Fauzan  Nasution melalui kabid dinsos menambahkan, untuk bantuan dan santunan tersebut diatas dengan rincian sebagai berikut

Untuk Bilal Mayit Perempuan sebanyak 107 orang., Bilal Mayit Laki laki sebanyak 87 orang, Guru Mengaji sebanyak 120 orang, Imam Khatib sebanyak 134 orang, Guru MDA sebanyak 81 orang, sedangkan Untuk anak yatim yang ada dikelurahan sebanyak 396 orang dan ditambah Kecamatan Barumun 862 orang. Pungkasnya. (WD-041)

Komentar Anda

Berita Terkini