Kemendag Gelar In Store Promotion Produk Unggulan Bangka Belitung

harian9 author photo


JAKARTA| H9

Kementerian Perdagangan (Kemendag) Senin (25/04) merilis, Kemendag menggelar In Store Promotion Produk  Unggulan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) di Summarecon Mal Serpong pada 20–24  April 2022. Mengusung tema ‘Cahaya Bangka Belitung’, In Store Promotion kali ini melibatkan 36  usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Babel di sektor pangan dan nonpangan. In Store  Promotion yang digelar di area seluas 950 meter persegi ini merupakan upaya pemerintah untuk  melaksanakan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI). In Store Promotion dibuka dan diresmikan Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Oke Nurwan pada Jumat (22/4). Turut hadir Gubernur Babel, Erzaldi Rosman. 

“In Store Promotion adalah upaya kita untuk untuk memperkuat perdagangan domestik. Kita  harus menguasai dulu pasar dalam negeri. Produk-produk lokal dan asing sama-sama bersaing  mengisi pasar domestik kita yang besarnya sekitar 60 persen produk domestik bruto Indonesia.  Jika kita bisa mengoptimalisasi produk lokal untuk menguasai pasar dalam negeri, pertumbuhan  ekonomi kita akan semakin membaik,” ungkap Oke. 

Ia juga menyampaikan, tujuan digelarnya In Store Promotion ini adalah untuk semakin  memperkenalkan secara luas produk unggulan UMKM dari Babel kepada daerah-daerah lain di  Indonesia. 

“Termasuk mendorong UMKM berpotensi untuk segera merambah pasar ekspor. Para  peserta juga telah melewati proses kurasi di bawah koordinasi Dewan Kerajinan Nasional Daerah  (Dekranasda) Babel dan instansi terkait di Provinsi Babel,” imbuhnya. 

Menurutnya, In Store Promotion ini merupakan salah satu rangkaian Gerakan Nasional Bangga  Buatan Indonesia (Gernas BBI) menuju acara puncak pembukaan perdana (grand launching) Gernas BBI yang akan diselenggarakan pada minggu ke-3 Mei 2022 mendatang di Babel. 

In Store Promotion merupakan pameran produk-produk unggulan daerah di dalam pusat  perbelanjaan dalam momentum Gernas BBI. Tahun ini, Kemendag ditunjuk menjadi manajer  kampanye Gernas BBI yang fokusnya mengangkat potensi unggulan Babel. 

Gubernur Babel, Erzaldi Rosman yang turut memberi sambutan mengatakan, kesempatan  menunjukkan potensi Babel harus dimanfaatkan dengan baik, dan UMKM Babel yang datang ke  Jakarta kali ini juga harus dapat mempelajari produk-produk dari daerah lain serta produk asing. 

“In Store Promotion menjadi ajang UMKM Babel untuk tampil di panggung nasional, juga  membuka kesempatan untuk membandingkan produk-produk Babel dengan produk daerah lain,  termasuk produk dari luar negeri. Sehingga produk-produk Babel akan semakin meningkat  kualitasnya dan diminati masyarakat kita sendiri,” katanya.

Sementara itu, Direktur Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri (P3DN) Kemendag Ida  Rustini menambahkan, In Store Promotion diselenggarakan untuk mempromosikan dan  meningkatkan akses pasar UMKM khususnya produk unggulan dari Provinsi Kepulauan Babel  dengan memanfaatkan momentum bulan Ramadan dan Idulfitri. 

“In Store Promotion diharapkan dapat meningkatkan transaksi penjualan sekaligus  mempromosikan produk unggulan Babel di pasar domestik serta internasional seiring dengan  semakin melandainya penyebaran Covid-19,” pungkasnya. 

Selain promosi produk, acara ini juga menampilkan kegiatan pendukung di antaranya peragaan  busana persembahan dari Dekranasda Babel, demo masak, dan kuis interaktif. 

Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja  menyampaikan, pusat perbelanjaan konsisten mendukung upaya-upaya pengembangan produk  dalam negeri. Di masa pemulihan ekonomi akibat Covid-19 ini, perdagangan dalam negeri  berperan sangat penting untuk mendorong pemulihan ekonomi Indonesia. 

“In Store Promotion menjadi langkah yang baik untuk memperkenalkan produk-produk  kebudayaan dan kuliner Babel ke seluruh wilayah di Indonesia. Kami juga mendukung Direktorat  P3DN untuk bisa mengembangkan produk-produk dalam negeri dan mendorong pemasarannya.  Saya kira ini langkah yang baik untuk memperkenalkan produk-produk kebudayaan dan kuliner  Babel supaya bisa terkenal di seluruh wilayah Indonesia,” katanya.

In Store Promotion kali ini terwujud atas kerja sama antara Kemendag dengan mitra strategis,  yaitu Pemprov Babel, Bank Indonesia, PT Timah, PT Permodalan Nasional Madani, BCA, Bank  Sumselbabel, Dekranasna Babel, serta Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APBBI). (WP-03/rel)

Komentar Anda

Berita Terkini