Kemendag Kembali Beri Apresiasi Primaniyarta dan Primaduta

harian9 author photo

  


JAKARTA| H9

Kementerian Perdagangan (Kemendag) Rabu (06/04) merilis, Kemendag kembali akan menganugerahkan Penghargaan  Primaniyarta dan Primaduta Tahun 2022 kepada para pelaku ekspor berprestasi dan pembeli/importir internasional yang loyal. Pemberian penghargaan ini diharapkan dapat  mendorong optimisme dan meningkatkan capaian Indonesia dalam perdagangan global terutama  dalam kondisi pemulihan ekonomi global akibat pandemi Covid-19. 

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Didi Sumedi mengungkapkan, pada 2021  Indonesia mencetak nilai ekspor terbesar senilai USD.231,54 miliar. Dari nilai tersebut, ekspor  nonmigas tercatat sebesar USD.219,24 miliar. 

“Indonesia memiliki eksportir-eksportir tangguh yang telah berjasa meningkatkan nilai ekspor nasional dan tentunya menjadi alasan loyalitas pembeli produk Indonesia. Penghargaan  Primaniyarta dan Primaduta merupakan bentuk apresiasi kepada eksportir nasional dan importir  luar negeri yang terus menumbuhkan ekspor Indonesia di tengah pandemi yang mengakibatkan  lesunya perdagangan dunia,” ujarnya. Didi. 

Penghargaan Primaniyarta merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan Pemerintah untuk para eksportir dalam meningkatkan ekspornya secara berkesinambungan. Penghargaan ini  bertujuan mengapresiasi para eksportir sekaligus memberikan inspirasi dan motivasi bagi pelaku  ekspor lainnya serta mendorong pertumbuhan jumlah pelaku ekspor tangguh dan berdaya saing.  

Sedangkan penghargaan Primaduta diberikan kepada para pembeli luar negeri produk Indonesia  yang secara kontinu dan loyal membeli produk Indonesia dengan tren yang terus meningkat.  

“Dengan penghargaan ini diharapkan importir dapat terus mempromosikan, meningkatkan  jumlah, dan memperluas jenis produk Indonesia yang diimpor,” jelasnya. Didi. 

Dalam waktu dekat, lanjutnya, pendaftaran bagi para eksportir yang berminat mengikuti seleksi  Penghargaan Primaniyarta 2022 akan dibuka. Informasi lebih lanjut akan diumumkan secara  berkala melalui media sosial seperti www.djpen.kemendag.go.id. Peminat juga dapat  menghubungi panitia Primaniyarta melalui e-mail: primaniyarta@kemendag.go.id. 

Tahun 2021, Kemendag menganugerahkan penghargaan Primaniyarta kepada 20 eksportir  berprestasi yang terdiri atas 7 kategori yaitu eksportir pembangun merek global, eksportir pelopor  pasar baru, eksportir pelopor produk baru, eksportir produk berkelanjutan, eksportir teknologi  tinggi, eksportir digital marketing, dan eksportir muda.  

Sedangkan untuk Primaduta 2021, Kemendag menganegerahkan kepada kepada 25 buyers dari 25  negara importir yang terbagi dalam kategori pasar utama dan kategori pasar potensial. 

"Presiden RI diharapkan berkenan menganugerahkan penghargaan Primaniyarta 2022 di  penghujung tahun ini," pungkasnya. (WP-03/rel)

Komentar Anda

Berita Terkini