KPPU Kanwil I Meluncurkan Program Sekolah Kompetisi dan Pembentukan Wadah Sobat Kompetisi!

harian9 author photo

 

MEDAN| H9
Untuk memberikan pendidikan terkait demokrasi ekonomi dan pengetahuan tentang nilai-nilai persaingan usaha yang sehat, dan sekaligus sebagai bentuk jejaring bagi Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), maka KPPU Kanwil I Medan akan meluncurkan program ”Sekolah Kompetisi” dan pembentukan wadah Sobat Kompetisi!. Peluncuran program ini dilakukan oleh Wakil Ketua KPPU, Guntur Syahputra Saragih bersamaan dengan acara Talk Show bertajuk ”Silang Sengkarut Minyak Goreng, KPPU Dimana?”.

”Sebagai tahap awal, KPPU Kanwil I akan melaksanakan kegiatan sekolah kompetisi di Kota Medan dalam format tatap muka secara langsung. Akhirnya, secara resmi kami meluncurkan program sekolah kompetisi sekaligus membuka kesempatan kepada pemuda dan mahasiswa di Kota Medan ini untuk berhimpun dalam wadah Sobat Kompetisi!” sambut Guntur.

Kegiatan Sekolah Kompetisi dan pembentukan Sobat Kompetisi! berangkat dari persoalan masih minimnya pengetahuan masyarakat, terutama di kalangan pemuda dan mahasiswa, terhadap keberadaan KPPU dan hukum persaingan usaha. Selain itu, adanya keterbatasan sumber daya manusia KPPU Kanwil I dalam menjalankan tugas dan fungsinya, yakni mengawasi pelaksanaan Undang-Undang tentang Larangan dan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat di wilayah kerja Kantor Wilayah I yang meliputi 5 Provinsi, yaitu Provinsi Sumatera Utara, Sumatera Barat, Aceh, Riau dan Kepulauan Riau.

KPPU menyadari, dalam melaksanakan fungsi dan tugasnya, KPPU tidak dapat bekerja sendiri,  namun harus menjalin hubungan kemitraan dengan masyarakat luas yang berasal dari organisasi kepemudaan, aktivis mahasiswa, jurnalis dan sebagainya. Kemitraan tersebut bertujuan untuk meningkatkan hubungan kolaborasi berdasarkan instrumen partisipasi masyarakat. Dengan menjadikan kaum muda sebagai agen partisipasi, maka akan mewujudkan kekuatan besar untuk meningkatkan pengawasan terhadap praktek-praktek persaingan usaha yang tidak sehat dan kebijakan yang belum sejalan dengan prinsip-prinsip persaingan usaha yang sehat.

Ridho Pamungkas, Kepala Kanwil I Medan mengatakan bahwa Sobat Kompetisi! sendiri merupakan wadah untuk para alumni dari sekolah kompetisi yang nantinya akan diselenggarakan oleh KPPU Kanwil I secara rutin di Kantor KPPU Kanwil I Medan. Sekolah kompetisi akan diikuti oleh 20 peserta yang mendaftar dan terseleksi, yang berasal dari berbagai organisasi kepemudaan, mahasiswa, akademisi, jurnalis, LSM dan sebagainya.

” Kepada para pemuda dan mahasiswa yang merasa terpanggil dan ingin berhimpun dalam wadah Sobat Kompetisi sehingga dapat menyalurkan informasi, data atau aspirasinya kepada KPPU, serta terus dapat meningkatkan pemahaman akan hukum persaingan melalui diskusi kritis terkait isu-isu tematis seputar ekonomi dan persaingan usaha yang pada ujungnya berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Silahkan mendaftar untuk mengikuti program sekolah kompetisi” pungkasnya.(PP-04)

Komentar Anda

Berita Terkini