Mushola dan Mesjid Jadi Kunjungan Team Safari Ramadhan

harian9 author photo

 

ACEH TAMIANG |H9
Pada Tahun ini pasantren Misbahur Rasyad Al Aziziyah! (Misra) Kampung Benua Raja Kecamatan Rantau, melakukan kegiatan safari Ramadhan  ke Mesjid ataupun Musalla yang ada dalam kabupaten Aceh Tamiang. Kamis (14/04/2022). 

Abiya Nurmiswari Amir M. Ag selaku pimpinan Pondok Pesantren Misra mengatakan, tujuan para Santri bersafari di Masjid  bertujuan  untuk melatih mental para santri ketika tampil didepan umum untuk menyampaikan risalah agama,"jelasnya.

"Setidaknya ada empat poin penting tujuan safari Ramadhan yang dilakukan, yaitu kegiatan tersebut sebagai Program Tahunan  yang dilaksanakan di bulan Ramadhan. Sebagai pembinaan dan pendidikan awal pengaplikasian dakwah berbasis masyarakat. Sebagai ajang pelatihan mental dan sebagai motivasi bagi santri. Sebagai syiar dan sekaligus laporan hasil pembinaan dan pendidikan kepada orang tua dan masyarakat setempat,"ungkap 
Abiya Nurmiswari. 

Kesempatan yang sama Tgk. Amri salah seorang guru pembimbing atau penanggung jawab safari Ramadhan mengatakan, nantinya para Santri juga kedepannya  akan mampu mengisi khutbah Jumat  di masjid baik yang Ada d Aceh Tamiang atau daerahnya masing-masing, mengingat mereka banyak juga yang berasal dari luar daerah Aceh, seperti  Medan, Pekan Baru dan ada juga dari Madura,"jelasnya. 

Demikian juga menurut Tgk. Ibnu Sabil selaku penanggung jawab kegiatan tahun ini menyampaikan, diharapkan Safari Ramadhan ini bisa melahirkan para Da'i muda, serta mereka dapat mengimplementasikan ilmu agama kepada masyarakat, khususnya tahun ini untuk masyarakat Aceh Tamiang, hingga berkesempatan silaturahmi satu sama lainnya,"ucapnya.

"Adapun Santri Misra tidak semua mendapat kesempatan bersafari Ramadhan di tahun ini,  mengingat tahun perdana, hanya yang terpilih dan  memenuhi persyaratan bisa mendapatkan kesempatan untuk melatih mentalnya di depan para jamaah Masjid. 

"InsyaAllah untuk tahun depan akan kita buat Safari Ramadhan diluar Aceh Tamiang, namun  semua ini akan dapat terlaksana, bila ada bimbingan semua guru Dayah Misra, serta dukungan wali Santri dan masyarakat," ungkap Tgk. Ibnu Sabil. (WD-013). 
Komentar Anda

Berita Terkini