Pemkab Aceh Tamiang Berupaya Mendorong Peningkatan Ekonomi Petani

harian9 author photo

 

ACEH TAMIANG | H9
Kelompoktani Tani Jaya, Kampung Tanah Terban, Kecamatan Karang Baru menjadi yang terbaik di Aceh Tamiang. Predikat tersebut tertuang dalam acara perlombaan kelompok tani dan penyuluh pertanian Kabupaten Aceh Tamiang tahun 2022, di areal persawahan Poktan Tani Jaya, Tanah Terban, Karang Baru pada Rabu (30/3/2022). 

Pada kesempatan tersebut, Bupati Aceh Tamiang Mursil SH Mkn melalui Asisten Ekonomi dan Pembangunan, dr. Catur Haryati  menyampaikan, apresiasi kepada para peserta dan pemenang lomba. Meskipun dalam keterbatasan kondisi akibat pandemi, Pemerintah Daerah tetap berupaya mendorong peningkatan ekonomi petani,"jelasnya.

"Perlombaan Kelompok tani dan Penyuluh terbaik ini, merupakan salah satu dari sekian banyak perhatian Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang kepada Petani/kelompok tani dan  ujung tombak SDM pertanian yaitu penyuluh Pertanian lapangan (PPL).

“Perlombaan Kelompok tani dan Penyuluh terbaik ini untuk memacu dan memotivasi petani dalam kegiatan usahanya sesuai dengan petunjuk teknologi pertanian,"ungkap Catur. 

Sebelumnya, Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan, Safuan SP mengatakan, lomba Kelompok tani dan Penyuluh Pertanian hari ini dipersiapkan dengan waktu yang singkat. Meski demikian, hal itu tidak mengurangi bobot dan kualitas perlombaan yang digelar,"jelasnya.

“Terima kasih kepada panitia yang telah menilai kelompok tani dan penyuluh pertanian di 11 Kecamatan. Hari ini kita punya simbolis Penyuluh Hebat, Petani Sukses. Mari sama-sama  bekerja untuk meningkatkan hasil produksi dalam daerah maupun ke luar daerah. 

"Lomba yang digelar merupakan rangkaian dari Peringatan Hari Jadi Kabupaten Aceh Tamiang ke 20 yang jatuh tepat pada 10 April mendatang,"terang Sapuan. 

Kelompok Tani Jaya  meraih predikat  Terbaik mendapatkan hadiah dua unit mesin pompa air. Kelompok Raja Mulia, kecamatan Banda Mulia yang meraih predikat kedua memperoleh hadiah alat penyemprot/sprayer 3 in 1. Sementara kelompok Bina Usaha, kecamatan Tamiang Hulu, memperoleh juara ketiga mendapatkan tiga unit kereta sorong.

Sementara  kategori Penyuluh Pertanian, Nurhasanah Damanik, asal BPP Karang Baru, menjadi yang terbaik mendapat satu unit komputer jinjing (laptop). M. Syukur yang bertugas di kecamatan Banda Mulia menempati urutan kedua dengan hadiah satu unit ponsel pintar.  Posisi ketiga, Basiran, PPL asal BPP kecamatan Tamiang Hulu menjadi terbaik ketiga menerima satu unit ponsel pintar. (WD-013). 

Komentar Anda

Berita Terkini