Pemkab Aceh Tamiang Peringati Hari Otonomi Daerah

harian9 author photo

 

ACEH TAMIANG | H9
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tamiang peringati hari otonomi daerah  tahun 2022 yang dilaksanakan secara virtual,  mengusung tema “Dengan Semangat Otonomi Daerah Kita Wujudkan ASN Yang Proaktif dan Berakhlak, Membangun Sinergi Pusat dan Daerah Dalam Rangka Mewujudkan Indonesia Emas 2045”. Kegiatan berlangsung di Aula Sekretariat Daerah pada  Senin (25/04/2022). 

Dalam kesempatan tersebut Direktur Jendral Otonomi Daerah Drs. Akmal Malik, M.Si menyampaikan, latar belakang dilaksanakannya Hari otonomi daerah mengacu pada Keputusan Presiden nomor : 11 Tahun 1996 yang dilaksanakan setiap tahunnya pada tanggal 25 April, sebagai wadah pertemuan untuk melakukan refleksi dalam mencapai otonomi daerah sesuai dengan target, serta cita-cita yang kita harapkan dalam menjadikan masyarakat yang sejahtera,"jelasnya.

"Adapun peserta kegiatan hari otonomi daerah Tahun 2022 diikuti oleh Gubernur, Bupati, Walikota serta unsur – unsur dari Forkopimda Provinsi, Kabupaten dan kota dari seluruh Indonesia,"
ungkap Drs. Akmal. 

Selanjutnya Menteri Dalam Negeri yang diwakili oleh Sekretaris Jendral Kementrian Dalam negeri Republik Indonesia Dr. H. Suhajar Diantoro, M.Si, mengatakan, perlu kiranya kita melakukan refleksi sejenak, dalam kegiatan ini untuk menjadikan daerah dengan kemandirian viskal, memajukan pendapatan daerah,
setelah 26 tahun lalu telah  berhasil melakukan percepatan pembangunan, pendapatan asli daerah, namun data tersebut belum menunjukan atau belum mencapai target, karena masih terdapat daerah yang pendapatannya dibawah 20% dan masih menggantungkan pendapatan daerah terhadap pemerintah pusat,"terangnya.

"Indonesia adalah daerah yang mampu mengatasi wabah Covid 19, hal ini merupakan momentum baik untuk meningkatkan otonomi daerah, namun harus tetap kita sadari bahwasannya Covid 19 ini belum sepenuhnya berakhir oleh karena itu kita harus tetap menjaga prokes dalam setiap melakukan aktifitas, begitu juga dengan jajaran ASN untuk tidak melaksanakan kegiatan Bukber (Buka bersama) dalam bulan Ramadhan saat ini dan tidak melakuakan kegiatan Open House saat merayakan Idul Fitri," ungkap Dr. H. Suhajar. 

Pada Acara Peringatan Hari Otonomi Daerah, dilaksanakan kegiatan Louncing Sistem Infomasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (SILPPD) yang akan mempermudah kegiatan ASN seluruh Indonesia.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Dandim 0117/Aceh Tamiang diwakili oleh Danramil 02/Karang Baru Kapten Inf M. Lumban Raja, Kajari  Aceh Tamiang diwakili oleh Kasi Intel Kajari Rajes Khana, SH. MH, Kepala Dinas Dukcapil Kabupten Aceh Tamiang Ir. Adi Darma M.Si, Kepala Dinas DPMKB Kabupten Aceh Tamiang Mix Donal, SH.
Plt. Kadis Inspektorat Kabupaten Aceh Tamiang Aulia Azhari, S.STP, Kepala Bagian Kesra Kabupaten Aceh Tamiang Yetno, S.Pd dan tamu undangan lainnya. (WD-013). 


Komentar Anda

Berita Terkini