Resmikan Kick Off Duta IKM/UMKM Go Export Kota Bitung, Wamendag Dorong Anak Muda Jadi Eksportir

harian9 author photo

 


BITUNG| H9

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag)  Jerry Sambuaga menyampaikan, saat ini semakin  banyak anak muda Indonesia yang menjadi pengusaha sekaligus pelaku ekspor. Meningkatnya jumlah pengusaha muda ini, tidak lepas dari sektor teknologi dan jaringan kerja yang semakin berkembang. Hal ini disampaikannya, dalam acara Kick Off Duta IKM/UMKM Go Export di Kota Bitung,  Sulawesi Utara, Jum'at (22/4). 

“Jumlah pengusaha Indonesia meningkat cukup tajam selama 10 tahun terakhir dengan persentase  pengusaha muda yang semakin meningkat. Dengan aktif melakukan kegiatan ekspor serta  memanfaatkan teknologi, kreativitas, dan jaringan kerja, ruang lingkup mereka telah mencapai tingkat  internasional,” jelasnya. 

Menurutnya, banyak anak muda yang mendirikan perusahaan rintisan (startup) yang  berorientasi ekspor. Bahkan, mereka memiliki produk unik dengan menggali potensi berbagai bahan  produksi yang belum termanfaatkan dengan baik. 

“Misal, ada yang melakukan ekspor produk kelapa, namun bukan hanya buahnya, tapi juga  serabutnya. Selain itu, banyak pula yang melakukan ekspor produk digital. Anak muda Indonesia  sangat kreatif dan berpikiran maju,” imbuhnya. 

Ia mengapresiasi pengangkatan Duta Ekspor oleh Dinas Perdagangan dan Industri Kota  Bitung. Hal ini akan semakin meningkatkan wawasan dan semangat anak muda untuk menembus pasar  ekspor. Pemulihan pascapandemi Covid-19 akan menjadi momentum yang sangat bagus untuk  meningkatkan gairah perekonomian dan ekspor Sulawesi Utara. 

“Bitung adalah hub untuk Sulawesi Utara khususnya dan Indonesia Timur umumnya. Sehingga, ini  menjadi potensi yang sangat besar dan harus dimanfaatkan. Bukan hanya bergerak di bidang produksi  barang, tetapi juga jasa, perdagangan, keuangan, dan industri digital. Potensi yang besar ini harus  dioptimalkan,” katanya. 

Dijelaskannya, ada beberapa program prioritas yang bisa dimanfaatkan oleh seluruh pelaku  ekspor di Sulawesi Utara, yaitu pembukaan pasar nontradisional, penciptaan produk ekspor baru, dan  penyelesaian perundingan internasional di bidang barang maupun jasa. Pelaku ekonomi dan ekspor  Bitung diharapkan mampu meningkatkan komunikasi dan sinergi agar pertumbuhan industri ekspor di  Bitung semakin meningkat.

“Kami di pemerintahan, khususnya Kemendag akan terus mengawal dan meningkatkan dukungan  kepada seluruh pelaku usaha. Kita optimis bisa melaksanakan amanah dari Presiden RI untuk  menjadikan ekspor sebagai penopang ekonomi nasional,” pungkasnya. (WP-03/rel)

Komentar Anda

Berita Terkini