Antisipasi PKM, Polres Tapsel Lakukan Pengecekan Kandang Hewan Ternak Milik Warga dan Poktan

harian9 author photo


 TAPSEL | H9
Guna memastikan kondisi hewan ternak bebas dari Penyakit Kuku dan Mulut (PKM), disamping tingginya permintaan hewan ternak kurban jelang Idul Adha, personil Polres Tapanuli Selatan (Tapsel) bersama Dinas Pertanian dan dokter hewan,   melakukan pengecekan ke sejumlah kandang hewan ternak di Kecamatan Batang Toru dan Kecamatan Angkola Sangkunur, Kabupaten Tapsel, Senin (23/5/2022).

Kapolres Tapsel AKBP. Roman Smaradhana Elhaj, SH, SIK, MH mengatakan, tujuan pengecekan kandang hewan ternak tersebut guna memastikan dan mengantisipasi wabah PMK yang menyerang hewan ternak di wilayah hukum Polres Tapsel, mengingat jelang Idul Adha, permintaan hewan ternak untuk kirban di prediksi akan meningkat.

Disebutkannya, kali ini, kandang hewan ternak milik masyarakat maupun Kelompok Tani (Poktan) yang dikunjungi petugas masing-masing di Desa Sumuran, Kecamatan Batang Toru dan Desa Bandar Hapinis, Kecamatan Angkola Selatan, Kabupaten Tapsel.

" Alhamdulillah, dari hasil pengecekan di kandang hewan ternak masyarakat di Desa Sumuran, terdapat 55 ekor sapi dan 38 ekor domba, yang seluruhnya dalam keadaan sehat dan terbebas dari PMK. Begitu juga saat dilakukan pengecekan di kandang ternak milik Poktan di Desa Bandar Hapinis, di sana, terdapat 65 ekor sapi yang dalam keadaan sehat serta terbebas dari PMK, " ungkap Roman.

Kapolres juga menyampaikan, selain melakukan pengecekan ke kandang-kandang ternak hewan baik milik warga maupun Poktan, petugas juga melakukan sosialisasi kepada peternak terkait wabah PMK agar jangan sampai menyebar ke mans-mana.

" Sosialisasi dan pengecekan terkait wabah PMK akan rutin dilakukan ke peternak oleh pihaknya bekerjasama dengan instansi terkait dan pihaknya juga telah menyarankan kepada dinas terkait agar membuat pos check point atau pos penyekatan kesehatan ternak, guna menyekat hewan yang keluar maupun masuk ke Kabupaten Tapsel.

Terkait perlunya vaksinasi terhadap hewan ternak, AKBP. Roman menyampaikan, saat ini program vaksinasi ternak sedang direncanakan dan diupayakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Pertanian Tapsel.

" Terhadap peternak kami imbau agar setiap hewan ternak khusydnya sapi, kerbau, kambing dan domba yang keluar maupun masuk ke Tapsel wajib dilengkapi surat keterangan kesehatan ternak dari pihak yang berwenang, " ucapnya. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini