Rasa Kemanusiaan, PWI Sergai Bantu Fasilitasi Perawatan Davila Korban Luka Bakar ke RSUD Sultan Sulaiman

HARIAN9 author photo

 


SERDANG BEDAGAI | H9

Davila Khalik Purba (14) warga Dusun I Desa Bantan Kecamatan Dolok Masihul Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) kondisinya sangat memprihatinkan. Hampir 80 persen tubuhnya melepuh akibat luka bakar dari kaki hingga kebagian perut.

Kondisi luka parah akibat terbakar tersebut membuat para pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sergai terenyuh. Dengan rasa kemanusiaan, PWI Sergai kemudian memfasilitasi perawatan pelajar kelas 3 SMP ini ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Sulaiman Sergai.

"Kondisi Davila sangat memprihatinkan, sehingga kita dari pengurus PWI Sergai membawanya ke RSUD Sultan Sulaiman untuk mendapatkan perawatan intensif," ujar Ketua PWI Sergai Edi Sahputra didampingi Sekretaris Darmawan, S.sos, Wakil Ketua Robert Banjarnahor, Wakil Sekretaris Sugiono saat menjenguk Davila bersama Direktur RSUD Sultan Sulaiman Sergai dr. Idris Daulay, selasa (31/3/2022). 

Dijelaskan Edi Sahputra, rasa kemanusiaan dari pengurus PWI Sergai ini timbul saat melihat video Davila yang dikirim melalui layanan WhatsApp (WA) oleh Sri Murni warga Dolok Masihul. Dalam video tersebut, Davila hanya mendapat perawatan di rumah saja oleh pihak keluarga. 

Sehingga hal inilah yang membuat pengurus PWI Sergai langsung berkoordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Sergai serta Direktur RSUD Sultan Sulaiman, untuk segera membawa Davila ke RSUD Sultan Sulaiman agar secepatnya mendapatkan perawatan intensif. 

"Kami juga mengucapkan terimakasih kepada pihak Dinas Kesehatan dan pihak RSUD Sultan Sulaiman yang bersinergi membantu perawatan Davila hingga saat ini kondisi sudah sangat baik, tidak seperti sebelumnya" papar Edi Saputra.

Sementara itu, Direktur RSUD Sultan Sulaiman dr. Idris Daulay kepada sejumlah Wartawan menjelaskan, bahwa Davila pasien luka bakar telah ditangani dan sudah menjalani perawatan di RSUD Sultan Sulaiman. Pasien juga sudah menjalani operasi pertama dan akan dilanjutkan lagi operasi kedua untuk biaya akan diupayakan dengan status BPJS Kesehatan.

"Nanti seluruh kelengkapan administrasi pasien dalam pengurusan nya akan dibantu pihak RSUD Sultan Sulaiman, kepada masyarakat jangan khawatir soal biaya yang penting penanganannya di utamakan," kata dr. Idris Daulay. 

Hal senada juga diutarakan Kepala Dinas Kesehatan Sergai Selamat, pihaknya bersyukur berkat kordinasi dengan pihak RSUD Sultan Sulaiman dan PWI Sergai pasien luka bakar bisa langsung ditangani pihak RSUD Sultan Sulaiman.

Terpisah, Dian Ramdani Purba tak lain ibu Davila kepada sejumlah wartawan mengatakan, luka bakar putra sulungnya berawal sekitar tiga minggu lalu, saat itu Davila membeli Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk sepeda motornya. BBM tersebut dibawa dalam kemasan plastik sembari mengendarai sepeda motornya. 

"Saat diperjalanan, plastik bocor dan BBM tersebut menetes kebagian busi sehingga menyambar bagian tubuh dari punggung  hingga ke ujung kedua kaki Davila, setelah itu Davila sempat dirawat 4 hari di RS Pamela Tebing Tinggi karena keterbatasan biaya Davila terpaksa dibawa pulang dan dirawat di rumah", terang Dian Ramdani.

Suami dari Santi Purnama tersebut bermaksud kembali membawa berobat putra sulungnya ke rumah sakit setelah BPJS Kesehatan Davila aktif 1 Juni mendatang. Namun Alhamdullilah, berkat kepedulian warga dibantu pihak Puskesmas Dolok Masihul, Dinas Kesehatan dan pihak RSUD Sultan Sulaiman serta PWI Sergai, putranya langsung bisa dirawat di RSUD Sultan Sulaiman.(WPU06) 

Komentar Anda

Berita Terkini