Bupati: Aceh Tamiang Telah Mengantisipasi Penyebaran PMK

harian9 author photo

 

ACEH TAMIANG |H9
Bupati Aceh Tamiang Mursil SH MKn tampil sebagai pembicara dalam sebuah acara yang bertajuk Indonesia Bicara, mengambil tema Antisipasi Penyebaran Virus PMK, disiarkan secara langsung oleh stasiun TVRI pada senin (16/05/2022). 

Dialog Indonesia Bicara dipandu oleh reporter jelasnya Ardiyanto Wijaya terkait situasi Penyakit Mulut dan Kaki, Bupati Aceh Tamiang menyampaikan, Total sapi sakit akibat PMK 3.485 dari jumlah keseluruhan sapi sekitar 44.495 ekor, sapi mati 13 ekor dan 2 ekor di potong paksa, serta sembuh 567 ekor sapi, sedangkan kerbau sakit akibat PMK sebanyak 3 ekor,"jelasnya.

"Pemerintah Daerah Aceh Tamiang telah mengeluarkan Surat Edaran Bupati Nomor : 520/2133/2022 terkait PMK dan pihak Pemerintah Daerah akan terus melaporkan perkembangan kasus setiap harinya," ungkap Bupati. 

Sementara itu dr. AT. Soelih Pangestie Dosen Kesmavet FKH UNAIR, sekaligus anggota Kesmavet Kementrian Pertanian Republik Indonesia menyampaikan, hewan yang terkena PMK dagingnya dapat dikonsumsi, namun harus dimasak dengan suhu yang sempurna,"jelasnya.

"Kita juga perlu melakukan pengawasan terhadap pemotongan hewan, agar dagingnya dapat dikonsumsi, maka tidak boleh luput dari pantauan," ungkap dr. Soelih. 

Turut tampil dalam dialog Indonesia Bicara yang ditayangkan oleh TVRI, Emil Dardak Wakil Gubernur Jawa Timur, Tegui Boediyono Ketua Komite Pendayagunaan Pertanian. (WD-013). 
Komentar Anda

Berita Terkini