Bupati Tapsel Ajak Para Pendidik di Semua Sekolah Untuk Membuat Program Memanfaatkan Fasilitas Perpustakaan

harian9 author photo


 TAPSEL|H9
Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H Dolly Pasaribu, SPt, MM mengajak para pendidik di semua sekolah untuk membuat program agar memanfaatkan fasilitas perpustakaan yang ada di daerahnya masing-masing, termasuk yang ada du sekolah.

Ajakan tersebut disampaikan Bupati Dolly, usai menghadiri pelantikan Pengurus Daerah Kecamatan Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (PD-GPMB) Kabupaten Tapsel periode 2022 - 2025 untuk zona Kecamatan Batang Toru, Muara Batangtoru, Angkola Sangkunur, Marancar, dan Angkola Barat di aula Kantor Camat Batang Toru, Selasa (17/5/2022).

Acara pelantikan dihadiri, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan, Ongku Atas Sormin, Camat Batang Toru, Camat Angkola Barat, Camat Muara Batang Toru, Camat Angkola Sangkunur, Camat Marancar. KUA Kecamatan, MUI, dan pengurus TP PPK Kabupaten.

" Saya sampaikan agar Dinas Pendidikan dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa untuk selalu berkoordinasi ke pihak sekolah agar membuat agenda rutin paling tidak satu kali per semester ke perpustakaan yang ada di daerah untuk bangkitkan aktifitas diperpustakaan kita masing-masing, " ujar Bupati Dolly.

Menurutnya dua tahun belakangan perpustakaan yang ada di Tapsel sepi pengunjung dikarenakan masa pandemi Covid-19. Di sisi lain, kondisi minat baca di Indonesia juga sangat rendah dan memprihatinkan bila dibanding negara-negara lain.

" Menurut data dunia, Indonesia kurang lebih, hanya empat persen yang menamatkan membaca dalam satu buah buku per bulan selama setahun, yang membuat hal tersebut begitu memprihatinkan, " ungkap Bupati.

Bupati juga menyampaikan pengalaman yang ia dapatkan di waktu kuliah, ia termasuk yang senang membaca buku. Namun terkadang buku yang hadir judul dan isinya cukup menarik, sehingga ia cukup sering membeli buku namun buku sebelumnya belum habis ia baca.

" Melalui pelatihan yang saya ikuti, untuk menaikkan minat baca adalah dengan cara lebih dulu mendapatkan gambaran inti sari dari sebuah buku yang terdapat di bagian kata pengantar, kutipan penulis pada bagian uraian akhir pembahasan buku, tanggapan pembaca atas buku tersebut dan mencoba memberikan hipotesis yang dihubungkan dengan manfaat dari buku tersebut bila dibaca dan dengan membacanyalah akan menemukan jawaban atas hipotesis tersebut, sehingga muncul dorongan untuk membacanya, " terang Bupati.

Usai kata sambutan, dilanjutkan dengan pelantikan Ketua PD-GPMB Kecamatan oleh Ketua PD-GPMB Kabupaten Tapsel Ny Rosalina Dolly Pasaribu, masing-masing, Ny Diana Mara Tinggi sebagai Ketua PD GPMB Kecamatan Batang Toru, Ny Evidiani M Thohir sebagai Ketua GPMB Kecamatan Angkola Barat, Ny Soraya Faisal Chandra Hasan sebagai Ketua GPMB Kecamatan Muara Batang Toru, Ny Shinta Fahrizal Islami sebagai Ketua GPMB Kecamatan Angkola Sangkunur, dan Ny Rizky Dedi Pasaribu sebagai Ketua GPMB Kecamatan Marancar.

Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan Bendera Pataka oleh Ketua PD-GPMB Kabupaten Tapsel Ny. Rosalina Dolly Pasaribu untuk di kibarkan di zona Batang Toru. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini