Dukung Pertumbuhan Minat Baca Anak, HMP PGSD UNIKA Medan Gelar Aksi Kasih Literasi dan Numerasi

harian9 author photo

 

MEDAN| H9
“Buku adalah gudang ilmu” pepatah tersebut selalu menjadi nasehat bagi semua orang untuk terus memperkaya pengetahuan. Bertepatan dengan bulan Maria HMP PGSD UNIKA Medan selaku wadah kemahasiswaan kelengkapan jurusan yang dimana tugas pokok HMP menyelenggarakan kegiatan ekstrakulikuler dan kokurikuler yang bersifat penalaran sesuai program study jurusan di Universitas Katolik St. Thomas Medan memberikan dukungan berupa donasi buku bacaan, buku mata pelajaran, buku tematik dan buku rumus-rumus.

Aksi kasih literasi dan numerasi ini berawal dari ide Reno Francius Simanullang selaku Ketua HMP PGSD UNIKA Medan yang dimana mendapat informasi bahwa ada beberapa pengurus dan anggota HMP PGSD UNIKA Medan yang mengikuti kampus mengajar merasa kurangnya fasilitas seperti buku yang sangat minim di SD tempat penempatan pemerintah.

Aksi kasih literasi dan numerasi ini baru pertama kali diselenggarakan oleh HMP PGSD UNIKA Medan yang dimana langsung ditujukan kepada Sekolah Dasar Negeri 6 Onanrunggu Kabupaten Samosir dengan misi menyediakan akses buku bacaan berkualitas untuk anak-anak yang berada di daerah pedesaan. 

“Donasi buku ini merupakan bentuk dukungan dan kepedulian HMP PGSD UNIKA Medan terhadap perkembangan anak anak Indonesia khususnya di area minim akses pendidikan dan teknologi, karena kami percaya sumber bacaan yang memadai adalah landasan awal untuk menunjang karakter dan pendidikan anak yang berkualitas," ujar Reno

Firenta Gapana Sembiring selaku Wakil ketua HMP PGSD UNIKA MEDAN dan Penanggungjawab pertama kegiatan Aksi Kasih Litrasi dan Numerasi ini menyampaikan bahwa dampak terhadap peserta didik di Indonesia dari virus covid 19 selama kurang lebih 2 tahun mengakibatkan peserta didik sekolah dasar kurangnya minat membaca. 

Mengingat pengalaman mengikuti kampus mengajar, fasilitas buku pembelajaran belum terpenuhi atau belum sesuai dengan anjuran pemerintah dan minat baca peserta didik di sekolah dasar negeri 6 Onanrunggu sangatlah minim, maka dari itu dengan kegiatan Aksi Kasih Litrasi dan Numerasi berharap besar kepada guru di SD negeri 6 ONARUNGGUN menerapkan Litrasi dan Numerasi 10 – 15 menit sebelum memulai pembelajaran, ujar Firenta.

Maya Simajuntak,S.Pd selaku kepala sekolah SD Negeri 6 ONARUNGGUN menyambut kedatangan Pengurus HMP PGSD UNIKA MEDAN dengan hangat terlebih melihat kepedulian dan semangat mahasiswa untuk memajukan pendidikan. 

"Saya mengucapkan terima kasih dan merasa bersyukur atas kepedulian calon guru kepada SD Negeri 6 Onanrunggu serta kepada peserta didikOnanrunggu harus bisa lebih rajin dan lebih semangat membaca buku karena Guru yang paling setia adalah BUKU," ujar Maya.

Terbina Sigalingging selaku Sekretaris HMP PGSD UNIKA Medan sekaligus penanggung jawab kedua dalam aksi ini menegaskan kepada sekolah SD Negeri 6 Onanrunggu untuk lebih antusias menerapkan literasi dan numerasi serta memperhatikan keadaan perpustakaan agar peserta didik tertarik untuk berkunjung keperpustakaan. Semoga lewat aksi kasih dari HMP PGSD UNIKA Medan ini memberikan dampak yang besar bagi guru maupun dengan peserta didik.

Sambung Terbina Sigalingging, aksi ini tidak hanya sekedar mendonasikan buku melainkan sekaligus membersihkan dan merapikan perpusatkaan SD Negeri 6 Onanrunggu serta memberikan edukasi tentang Literasi dan Numerasi kepada peserta didik dengan memasuki setiap kelas.(rel)

 

Komentar Anda

Berita Terkini