Hadiri Rakorwil APKASI Bupati Tapsel Harapkan Adanya Pertukaran Informasi dan Komoditas Antar Daerah

harian9 author photo


 TAPSEL | H9
Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), H Dolly Pasaribu, SPt, MM, mengharapkan, pelaksanaan Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) jadi momen penting guna meningkatkan kesejahteraan rakyat di daerah.

" Dengan adanya pertemuan APKASI ini, diharapkan bisa menjadi momen pertukaran informasi dan komoditas antar daerah, sehingga ke depan kerjasama di bidang pertanian, perkebunan, peternakan, perdagangan dan pariwisata dapat menjadi kesepakatan awal untuk disepakati bersama sehingga kesepakatan itu akan saling mendukung pembangunan antar daerah di Sumatera Utara (Sumut), " ungkap Dolly disela acara Rakorwil APKASI wilayah Sumut, di Kantor Bupati Serdang Bedagai, Kamis (19/5)

Acara yang mengusung tema, 'Dengan Kerjasama Antar Daerah Kita Tingkatkan Pendapatan untuk Kesejahteraan Masyarakat dan Pemerintah Daerah', dihadiri Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi, diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Mhd Fitriyus, Ketua Umum APKASI, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, yang juga merupakan Bupati Dhamasraya, Provinsi Sumatera Barat, serta para Kepala Daerah Kabupaten se Sumut.

Acara diawali dengan penandatanganan memorandum of understanding (MoU), foto bersama, dan peninjauan pameran dan selanjutnya, acara diisi dengan sambutan dari Bupati Serdang Bedagai H Darma Wijaya, selaku Korwil APKASI Sumut. 

Dalam kesempatan itu, Bupati Dolly yang didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Hamdan Zen dan Kabag Tapem Yohanes juga mengucapkan terima kasih kepada APKASI dan Pemkab Serdang Bedagai yang telah menginisiasi dan mengundang 25 Kepala Daerah Kabupaten yang hadir dalam acara itu.

Menurut Dolly, jika kerjasama antar daerah mudah dan lancar, diharapkan dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat, apalagi potensi yang dimiliki Kabupaten Tapsel antara lain, di bidang pertanian, perkebunan, peternakan, perdagangan dan pariwisata cukup potensial.

" Pertemuan tersebut bermakna sangat positif demi kemajuan kabupaten yang ada di Sumut, seperti yang kami paparkan tadi, dapat disaksikan bersama berbagai potensi yang dimiliki Kabupaten Tapsel, " terangnya.

Disamping itu kata Dolly, seperti yang disampaikan Bupati Serdang Bedagai, H Darma Wijaya, nanti akan ada pertemuan lanjutan antara pemerintah Kabupaten di Sumatera Utara, baik secara formal ataupun non formal. Tujuannya, semata-mata hanya untuk kesejahteraan rakyat di daerahnya masing-masing.

Sementara Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Mhd Fitriyus, mengapresiasi Kepala Daerah yang selama ini telah berjuang membantu pemerintah dalam menanggulangi pandemi Covid-19

Dilanjutkannya, tujuan dari APKASI ini sangat baik, selain menjadi wadah untuk pembangunan daerah, wadah ini juga dapat mengkoordinasikan antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah.

“ Marilah kita berdoa agar pandemi ini segera hilang, sehingga kedepannya kita dapat beraktivitas seperti biasa, " ucap Mhd Fitriyus.

Usai pertemuan dilanjutkan dengan seminar dan sesi tanyajawab dengan narasumber Dirjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Direktur Metrologi dan Ditjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan.

Kemudian penyampaian program kerja oleh Direktur Eksekutif APKASI Sarma Simanjorang dan hasil Rakorwil APKASI Sumut oleh Sekjen APKASI Adnan Purichta Ichsan, SH, MH. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini