Harga Pangan Hortikultura di Medan Naik Tajam

harian9 author photo

 
Ist

MEDAN| H9
Dari pantauan melalui PIHPS, harga cabai merah pada perdagangan hari ini dijual Rp50 ribu per kg. Sejauh ini cabai merah dijual dalam rentang Rp 40 hingga Rp50 ribu per kg.

"Seperti yang sudah sudah, kita mengkuatirkan adanya ancaman kenaikan harga seiring dengan kenaikan biaya input produksi pertanian setelah terjadi kenaikan bahan baku pupuk,"kata Ketua Pemantau Pangan Sumut, Gunawan Benjamin, Senin (30/5/2022).

Selain cabai merah, cabai rawit juga mengalami kenaikan hari ini. Cabai rawit dijual dikisaran Rp45 ribuan per kg. Naik sekitar Rp10 ribu per kg dari posisi sebelumnya.

Selain itu tomat dan beberapa jenis tanaman hortikultura lainnya juga ikut naik. Ini kabar yang kurang baik, harga sejumlah kebutuhan pangan naik disaat idul fitri sudah lewat.

"Faktor pemicu kenaikan bukan dikarenakan adanya konsumsi yang meningkat. Tetapi lebih dikarenakan panen yang menurun karena memasuki musim tanam, ditambah dengan kenaikan biaya produksi seiring mahalnya harga pupuk dan pestisida sejauh ini," ujarnya.

Sementara itu harga komoditas protein juga sulit untuk ditekan. Harga daging dan telur ayam bertahan mahal sejauh ini. Lagi lagi dipicu oleh kenaikan biaya produksi.

Sementara itu harga ikan laut segar juga belum menunjukan penurunan. Hal ini membuat sumber protein lainnya sulit untuk ditekan. Karena ikan kerap menjadi subtitusi bagi daging ayam.

"Masalah di nelayan terkait kondisi laut yang tidak mendukung hasil tangkapan, hingga masalah lain seperti keluhan nelayan terkait harga solar dikisaran 7000 hingga 8000 per liter, juga membuat harga jual ikan sulit turun," pungkasnya.(PR-01)

Komentar Anda

Berita Terkini