IPPB Gelar Halal Bil Halal Secara Sederhana

harian9 author photo

 

LANGKAT | H9

Ikatan Peduli Pangkalan Brandan ( IPPB) Kabupaten Langkat mengelar acara Halal Bil Halal Secara sederhana bertempat di Sekretariat IPPB Jalan Medan - B.Aceh Lingkungan I Tangkahan Lagan Kelurahan Alur Dua Baru Kecamatan Sei Lepan, Minggu(15/5/22).

Turut hadir Ilham pelopor pendiri IPPB, Iswanto ketua umum IPPB,Utd Hidayat SPDi, Seluruh Pengurus IPPB, Kepala Lingkungan I Aswin Faisal, tokoh masyarakat M.Yan Nst penggiat Media Sosial. Adam Malik tokoh masyarakat, dan warga setempat.

Meskipun acara Halal Bil Halal yang dilaksanakan secara sederhana namun semangat dan keakraban para pengurus patut di apresiasi karena acara berjalan dengan lancar dan sukses.

Acara tersebut juga di isi dengan pemberian hadiah sesama pengurus atau tukar kado, menyanyikan lagu Indonesia Raya juga di isi Tausyiah yang di sampaikan Utd Hidayat,SPDi  

Utd Hidayat,SPDi ketika memberikan Tausyiah menyatakan  Setiap waktu kita di wajibkan sholawat, karena solawat di bacakan akan di sampaikan untuk Rasul, Allah telah memberikan karunia kepada Nabi Muhammad SAW. 

Dalam mementum tersebut Ust Hidayat mengatakan ketika memasuki hari raya Idul Fitri ada kata Mohon Maaf lahir dan bathin .

Namun banyak yang tidak tahu asal usul sejarahnya awal kata  mengucapkan selamat hari Raya Idul Fitri mohon maaf lahir dan bathin 

Dari sejarahnya ketika ada peperangan umat islam mengalami kekalahan namun karena Allah membantu akhirnya umat Islam berhasil dalam peperangan tersebut. Setelah pulang dari peperangan tersebut para istri menyambut kedatangsn suami mereka dari perang, para  suami langsung mengucapkan minal adzin wal faidzin.

Dalam hubungan ini ketika hari Raya umat islam ketika habis melaksanakan sholat Idul Fitri  maka kita saling bermaaf maafan. Menurut Ustd Hidayat kita sudah perang melawan Hawa nafsu orang yang berpuasa maka berhak mengucapkan minal adzin wal faidzin mohon maaf lahir dan bathin  begitu kira kira sejarahnya.

Lebih lanjut Utd Hudayat memaparkan ciri ciri orang beriman. Pertama ketika mendengarkan nama Allah maka bergetarlah hatinya.

Orang beriman ketika sholat selalu  tepat waktu, maka kalau mau dekat dengan Allah ketika azan maka segerakanlah karena kata Allah siapa yang dekat denganku maka akan ku berikan kemudahan. Kedua ciri ciri  orang  beriman ketika di bacakan ayat Alquran bertambah imannya. 

Ketiga orang yang beriman yaitu Tawaqal.Tawaqal artinya berserah diri kepada Allah .Ke empat orang yang beriman yaitu orang yang mendirikan sholat. Kelima orang yang beriman selalu berinfaq, orang beriman selalu berinfaq.

Sebelumnya Pendiri IPPB ilham mengatakan IPPB dalam kegiatan  pernah ikut serta membersihkan paret kanal P.Brandan  bekerjasama dengan lurah Brandan Barat , lurah Brandan Timur dan Lurah Brandan Timur Baru.

IPPB juga melakukan beberapa sektor. Sektor kesejahteraan masyarakat IPPB sudah banyak melakukan aksi sosial seperti kelangkaan minyak goreng IPPB membantu di beberapa titik di Kelurahan Sei Bilah dan Desa Pelawi Selatan.

ILham juga menyebutkan kegiatan lainnya , memberikan sembako bagi warga yang tidak mampu di Desa Perlis,  memberikan bantuan abang becak ke tiga Kecamatan. Kecamatan Sei Lepan ,Brandan Barat dan  babalan.

Wacananya IPPB akan melakukan program ibu sehat kepada warga   khusus warga tidak mampu dan akan memberikan bantuan lainya.

IPPB juga berniat membangun sekolah yang di harapkan sekolah ini akan menjadi generasi yang lebih baik dan berprestasi. Sedangkan Pembangunan sekolah tersebut akan kita rencanakan pembangunannya dalam waktu dekat 

Gerakkan IPPB ini tidak terlepas dari sumbangsih anak Brandan , yang sudah memberikan bantuan moril maupun materil serta bantuan dari Satdim Agussatdiansyah yang dalam Perantauan akan membantu dalam pembangunan sekolah tersebut

Sementara itu Ketua umum IPPB Iswanto, ketika memberikan kata sambutannya mengatakan tujuan terbentuknya IPPB untuk peduli dengan kota  Brandan terutama soal kebersihan dan kesejahteraan warga Brandan,.

Di Brandan banyak kita temui warga yang tidak memiliki KIS, BPJS, KTP, KK, aehingga banyak terhambat dalam administrasi maka sebagai bentuk kepedulian kami bantu dan sudah sudah siapkan alatnya dan  nantinya akan kita sosialisasikan program lainnya kepada Ibu Ibu.

Sedangakan Adam Malik( Wapresbrandan) mewakili masyarakat Brandan memberikan apresiasi kepada IPPB karena baru terbentuk sudah membuahkan karya nyata di tengah masyarakat Pangkalanberandan .Saat ini banyak terbentuk organisasi masyarakat di Brandan namun baru IPPB yang nyata ikut dalam kegiatan sosial .

Apalagi IPPB mau membangun sekolah maka wajib kita berikan dukungan minimal dengan doa  kalau bisa dengan bantuan materil,  papar Adam( WD.042)

Komentar Anda

Berita Terkini